Catatan Akhir Sekolah

Masa sekolah saya sudah selesai, begitu juga masa remaja. Fiuh, cepat sekali semuanya berlalu.
Waktu saya berpas-pasan dengan teman sekelas saya di jalan (dua minggu setelah pengumuman kelulusan) dia berteriak memanggil. Dia bilang, buku rapot (atau rapor, atau report (laporan) atau apa kata yang benar? Tertulis ‘laporan hasil belajar’) milik saya belum diambil dan guru menitipkan padanya. Dia tanya kenapa saya tidak pernah datang ke sekolah, setidaknya mengurus tetek bengek kelulusan. Saya bilang saya sakit. Hohohoho.
Saya mengambil laporan hasil belajar saya di rumahnya dan hasilnya mengejutnya. Tiga lembar kertas itu dinodari empat angka enam. Yang pertama, bahasa Inggris. Di bagian praktek listening, saya menghancurkan semuanya dengan sukses. Rasanya lebih baik saya disuruh menerjemahkan sebuah buku dari pada mendengar suara cempreng dan tak jelas dari kaset tua. Lalu Matematika, well, di sini tidak ada keraguan. Dan Seni! Saya kan orang yang memahami seni! Pak Bambang Waskito, sang suhu seni di sekolah saya menorehkan angka enam lima.
Saya ingat kata-katanya, dia bilang karya saya (menggambar dengan metode pointing) adalah yang terbaik dan dada saya melambung. Tapi karena saya sering bolos pada kelasnya, dia akan memberikan nilai terendah kecuali saya mau menyumbang sebuah bingkai kayu plus kaca untuk memajang karya-karya siswa di dinding sekolah. Saya tidak bermaksud mengabaikan janji soal bingkai lukisan itu, tapi saya melupakannya dengan sukses pula. Pak Bambang menepati janjinya, angka enam lima. T_T.
Dan yang terakhir kewarganegaraan. Saya ingat saya pernah membuat masalah dengan guru mata pelajaran ini, hasilnya seolah-olah kami musuh bebuyutan. Akibatnya memang fatal. Tapi sungguh, di luar itu saya adalah warga negara yang baik. :D
Kembali ke laporan hasil belajar, pada halaman terakhir tertulis di bagian Kegiatan Ekstrakurikuler = Kosong.
Mereka lupa (atau tidak tahu?) bahwa saya pernah jadi paskibra kota mataram.
Ketidakhadiran (ditulis Ketidak Hadiran, itu ejaannya salah :D)
Sakit = 0
Izin = 0
Tanpa Keterangan = 0
Ha! Jika dihitung dengan cermat, lebih dari empat puluh hari selama satu tahun saya tidak masuh, campur sari namun didominasi oleh ‘tanpa keterangan’. Sempat dipanggil bimbingan konseling dua kali dan sebuah surat panggilan orang tua yang ditandatangani kepsek. Wah, rupanya saya gagal jadi siswa baik-baik tahun ini.
Kepribadian
Kelakuan = baik, suka menolong teman (hei hei, saya tidak punya teman buat ditolong)
Kerajinan/Kedisiplinan = baik, ikut aktif dalam kegiatan yang diadakan sekolah (sejak naik kelas dua, saya absen dari paskib dan tercatat sebagai salah satu siswa dengan record telat sekolah tertinggi)
Kerapian = Baik, pakaian seragam selalu bersih, buku catatan juga rapi (baju rapi? Itu benar, tapi buku catatan saya paling amburadul)
Kebersihan = Baik, penampilan menarik (saya tidak pernah mengerti. Semua orang tau saya tidak mengerti bagaimana mengikuti mode atau cara menyisir rambut yang benar)
Catatan Wali kelas = kosong
Kelulusan : Lulus/Tidak Lulus
Pihak sekolah tidak mencoret salah satu, jadi saya mengambil bolpoin dan mencoret kata lulus.

3 Responses to “Catatan Akhir Sekolah”


  1. 1 fraxis 16 Juli 2009 pukul 2:09 PM

    versi saya :
    Kelakuan = baik, suka menolong teman (terakhir kali menolong teman membolos)
    Kerajinan/Kedisiplinan = baik, ikut aktif dalam kegiatan yang diadakan sekolah (apa apaan ni..?! saya kan pembangkang sistem!!)
    Kerapian = Baik, pakaian seragam selalu bersih, buku catatan juga rapi (baju ku padahal dikeluarin, catatan banyak gambar daripada tulisan :))
    Kebersihan = Baik, penampilan menarik (ah, yang bener *sambil benerin rambut*)


  1. 1 Catatan Akhir Sekolah | My Tales Lacak balik pada 22 Agustus 2011 pukul 11:00 AM

Tinggalkan Balasan

This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 212,504 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

