Kenduri, Harga Diri, dan Hujan

ehm…ada cerita menarik, waktu ikut kendurian [syukuran] ma temen [mr. bun] hujan turun. kondisinya begini. acaranya adl syukuran naik haji n tempatnya disediakan di dalam rumah empunya acara dan di halaman. hanya tamu yang terhormat yang dipersilakan di dalam ruangan. kami dapat jatah di luar. terop yang menaungi saya terbuat dari anyaman daun kelapa yang sudah kering dan di sangga bambu, bertumpuk-tumpuk dan kokoh. akhirnya tiba waktu makan-makan.
tanpa di sangka hujan turun gerimis namun saya dan bun tidak terlalu menghiraukan karena lezatnya makanan itu; sate daging dan bakso yang besar-besar juga ayam suir-suir yang pedas. saya baru menyadari hujan bertambah deras ketika tetesan air jatuh ke dalam piring saya, membuat enggan melanjutkan makan. banyak tetesan jatuh di sana sini, para tamu jadi harus pindah-pindah tempat duduk agar tidak kena air. tiba-tiba tetesan2 itu berubah menjadi kucuran yang deras, tak ayal baju kami semua jadi basah. akhirnya saya dan bun minggat bersama tamu-tamu lain untuk berteduh di teras empunya rumah [sebelumnya mencomot sepotong besar daging ayam].
saya berdiri berdesakan bersama tamu lain. saat itulah saya bisa membedakan mana tamu yang datang dengan niat mendoakan dan mana tamu yang datang dengan niat mendapatkan makanan. ternyata ada tamu-tamu yang bertahan di bawah terop bambu itu, mereka makan dengan cepat sementara punggung mereka sudah basah oleh air. sedikit tebal muka memang, baru ikut berteduh di teras setelah makannya habis. tamu-tamu yang bertahan itu seperti tidak punya harga diri.
saya munafik juga sebenarnya karena ada bagian hati saya yang bertujuan pingin dapat makanan.
akhirnya semua tamu dipersilakan masuk ke dalam, berdesakan dengan tamu-tamu terhormat. semua saling tempel antara yang berpakaian basah kuyup dengan yang kering saking sempitnya. ruang makan keluarga dijadikan tempat lesehan syukuran. begitulah…

  1. well, semoga empunya acara dapat haji yang mabrur, amin.

0 Responses to “Kenduri, Harga Diri, dan Hujan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 317,317 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

%d blogger menyukai ini: