Olimpiade Teknik UNUD Bali : I am Winner!

Alhamdulillah, yes…yes…yes… Hanya itu yang saya ucapkan ketika pengumuman lomba Olimpiade Teknik 2008 UNUD Bali dibacakan. Nama saya disebut pada urutan kedua pada mata lomba web desain yang berarti saya meraih juara 2. Si fraxis dapet juara 1 (dia berhak masuk Universitas Udayana tanpa tes). Kami girang sekali. Prediksi fraxis benar, kami akan menang karena script-script kami yang keren. Kami saling bantu. Fraxis memberi saya script-script yang bagus dari javascript collector, sedang saya memberinya sedikit desain yang tidak begitu bagus dan sedikit animasi flash. Tidak sia-sia kami berjuang semalaman sampai jam 12 menghafal script dan latihan menyusun layout web. Senangkah saya menang? Kadang senang kadang juga bingung, tapi saya akhirnya saya bisa menebus rasa malu saya terhadap pihak sekolah karena telah membiayai saya berlibur ke bali. Saya berterimakasih kepada Pak Joko, pembimbing kami yang memberi saya izin untuk ikut seleksi di tingkat sekolah (waktu itu ada lima kandidat, saya dan fraxis berhasil lulus). Thx juga buat fraxis atas segala bantuannya yang tulus. Terima kasih untuk kedua orang tua saya yang selalu mendoakan saya. Dan terakhir kakak kandung saya (Yoga Septiandrei) yang membimbing saya tanpa pamrih, melatih saya mendesain sekreatif mungkin. Terima kasih buat panitia Olimpiade yang mau menuliskan nama saya sebagai juara kedua.

Ketika nama saya disebut, saya girang sekali dan fraxis tertawa di samping saya. Saking senangnya, saya sedikit takabur dan menyangka si frxs kalah gatot (gagal total), tapi nama SMAN 2 Mataram disebut lagi dan saya jadi begitu kagum dengan mahluk di sebelah saya saat itu. Akhirnya kami maju bersama seorang siswa dari SMAN  Denpasar. Kami menerima piala dan sebuah map yang isinya piagam penghargaan dan sebuah amplop (dibilang tebal ya dibilang tipis ya) yang berisi 3 voucer belanja di toko buku di Bali dan uang senilai Rp. 600.000. Memang manusia tidak pernah puas, saya sedikit mengeluh tapi fraxis bilang ia yakin kami diberi komisi lagi oleh kepala sekolah. Lalu pak Joko memeluk kami di atas panggung. Saat kami kembali ke tempat duduk, peserta luar bali (Surabaya dan Selong) menyalami kami. Saya tak tahu harus berkata apa, saya takut terliat sombong dengan piala di tangan saya.

Saya tidak memberi tahu keluarga saya di mataram kalau saya menang. Saya ingin ini menjadi kejutan. Mereka minta oleh-oleh sebelum saya pergi ke bali. Oleh-oleh? Saya tidak pandai menawar barang di pasar. Saya ingin membuat mereka terkejut. Saya matikan ponsel agar mereka tidak bisa bertanya apakah saya menang atau kalah. Piala setengah plastik setengah marmer inilah oleh-olehnya. Piala ini akan diserahkan ke Kepala Sekolah pada hari Senin, 17 November 2008. Piala itu menjadi milik sekolah dan disimpan di sekolah. Akhirnya saya punya kontribusi terhadap sekolah dengan mengharumkan namanya di depan banyak siswa bali.

Pada Olimpiade itu, hanya saya dan fraxis kontingen dari pulau Lombok yang mendapat juara. Teman-teman kami dari Selong, Lombok Timur gagal. Tapi kami salut atas perjuangan mereka. Awalnya saya ragu, karena setahu saya orang bali sangat hebat di bidang IT dan menurut banyak orang, semakin dekat suatu tempat ke pusat Negara (Jakarta) semakin tinggi standar pendidikannya. Saya pikir saya dari timur, lebih bodoh dari siswa di bali. Saya menemukan Komang Wiswakarma di Olimpiade itu, dia punya situs photoshopkiller.site76.com yang keren. Saya yakin dia yang menang. Tapi ternyata dia gagal, posisi juara 3 diraih oleh siswa dari SMAN 4 Denpasar yang namanya saya tidak tahu (karena saya lebih memperhatikan nama saya yang disebut-sebut).

Saya juga punya perasaan iri sama si fraxis. Dia memang orang yang berbakat tapi tetap saja saya iri. Dia memuji karya saya tapi webnya punya ukuran yang lebih kecil dan javascript yang lebih baik dari saya. Tak apalah, saya sudah bersyukur mendapat juara dua, mengalahkan si tuan rumah, toh dari pada tidak dapat juara sama sekali.

Saya ingat, saya terus-menerus pesimis sebelum posting saya yang lalu di comment oleh seorang blogger (bikpici.wordpress.com, thanks bibik pici!). Apa yang ia katakan benar-benar menyuntik otak saya untuk terus berpikir positif. Isi dada saya serasa membuncah. Sering saya ucapkan kata-kata pesimis sama frxs agar merasa optimis (lho?). Tapi dia bilang kami akan menang karena animasi dan javascript kami berbeda dengan peserta lain, bisa dibilang hanya kami yang memakai javascript. Komang W. yang situs photoshopnya saya kagumi, hanya menggunakan css, tak ada script lain.

Saya tidak tahu mau menulis apa lagi tapi saya menulis posting ini begitu pemenang lomba selesai diumumkan. Saya menulis dengan semangat dan mengakhiri dengan semangat pula.

Begitulah akhirnya, kalimat terakhir ini saya tulis sambil tertawa.

Vini Vidi Vici.

6 Responses to “Olimpiade Teknik UNUD Bali : I am Winner!”


  1. 1 ayustian 16 November 2008 pukul 5:04 PM

    makasih ilmunya bos…

    pasang iklan di blog anda biar bisa dapat penghasilan.daftar aja di

    http://Kumpulblogger.com/signup.php?refid=16060

    good luck

  2. 2 fraxis 17 November 2008 pukul 1:38 PM

    selamat atas kemenangan yang gilang gemilang dalam lomba cerpen. jangan lupa insentifnya ya!

  3. 3 ley_ley 9 Maret 2009 pukul 10:27 AM

    wah…selamat ya….saya mahasiswa teknik unud juga,..
    salam kenal aja!!

  4. 4 komang wiswakarma 11 April 2009 pukul 8:23 AM

    wah, aq kalah,.. ini yg menang toh,? hebat., hebat,

    aq kira waktu olimpiade menekankan programming css, gak kepikiran ama javascript,.!.

    ni yg duduk di depanku y waktu olimpiade?

    selamat ya. punya id facebook ga?

    ni id facebookq

    wiswasite@gmail.com

    di add y!

    congrats for you..

    eh,mw join jd webdesigner team saya gak?
    liad aja website team saya di

    http://www.w3bwebdesign.com/joinw3b.php

  5. 5 Wiswakarma 11 April 2009 pukul 3:31 PM

    Oh ne y juarany,, congrats bro, .

    Btw ne yg duduk d dpanq wkt olimpiade y?yg kcil tu?

    Wah,bneran wkt itu ga kpikiran pake javascript,,ckck,tp gpplah,g menang jg gpp,,

    Btw pny fcbook ga?
    Add aq y !idq,
    Wiswakarma[at]gmail.com

    Tenx y,btw almt situsny bkn kyk gt tp,
    photoshopkiller.net76.net

    Btw mw gbg ga d team webdsigner q?klo mw,liad aja portofolioq d
    http://www.w3bwebdesign.com/joinw3b.php

    Slam,


  1. 1 Olimpiade Teknik 2008 (FT-UNUD) : The Foreigner #4 (habis) « e-fraxis Lacak balik pada 18 November 2008 pukul 8:23 AM

Tinggalkan Balasan

This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,687 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

