Arsip untuk Januari, 2009

Install Slax ke USB Flashdisk

Install linux ke harddisk? Itu sih udah biasa. Bagaimana kalau ke USB Flashdisk? Kebanyakan orang sudah tahu tetapi tidak ada salahnya mencoba. Slax adalah distribusi linux turunan Slackware yang dikustomasi untuk live system. Dibanding distro lain, saya berani bertaruh menginstall slax ke USB paling mudah. O ya, hanya komputer yang mendukung booting USB yang bisa menjalankan slax di flashdisk kita. Ok, langsung saja.

Yang diperlukan :
a. Flashdisk minimal 256 MB, file-file slax keseluruhan sebesar 200 MB.
b. Sebuah file iso slax, atau CD live Slax.
c. Camilan.
d. Semangat open source.

Langkah-langkah menginstall dari Linux :
a. Booting CD live Slax atau linux di harddisk kalau memang sudah terinstal. Colokin flashdisk ke komputer, juga CD live Slax. kalau anda punya iso-nya, ekstrak ke sebuah folder di harddisk.
b. Kopi isi cd atau hasil ekstrak iso (berisi dua folder, boot dan slax) ke flashdisk.
c. Misal flashdisk adalah sda1
# cd /mnt/sda1/boot/
# ./bootinst.sh
Ikuti petunjuknya sampai selesai. /mnt bisa juga /media, tergantung distronya.
d. Masih di bawah folder boot, buka slax.cfg. Pada baris APPEND ubah
autoexec=xconf:telinit~4 menjadi autoexec=telinit~4
ini maksudnya agar slax ini selalu kompatibel, terutama bila dibooting di komputer dengan vga dan monitor yang tidak begitu bagus.
masih pada baris itu tambahkan nocd. Ada empat pilihan boot di sana, lakukan hal ini pada keempatnya. Anda bisa mengganti nama Slax menjadi nama lain, misal Pikoslax.
e. Masih di bawah folder boot, ubahlah file slax.png sesuka anda. Gunakan GIMP untuk hasil yang bagus. Gambar file ini ditampilkan sebelum booting. Ingat, ukurannya harus 640×480 pixel.
f. reboot komputer dan atur BIOS agar booting ke USB Flashdisk terlebih dahulu. Nikmati slax rasa flashdisk.

Langkah-langkah menginstall dari Windows:
a. Colokin flashdisk ke komputer, juga CD live Slax. kalau anda punya iso-nya, ekstrak ke sebuah folder di harddisk.
b. Kopi isi cd atau hasil ekstrak iso (berisi dua folder, boot dan slax) ke flashdisk.
c. Di flashdisk, buka folder boot, jalankan bootinst.bat. Ikuti petunjuknya sampai selesai (hanya tekan enter sebanyak dua kali).
d. Masih di bawah folder boot, buka slax.cfg. Pada baris APPEND ubah
autoexec=xconf:telinit~4 menjadi autoexec=telinit~4
ini maksudnya agar slax ini selalu kompatibel, terutama bila dibooting di komputer dengan vga dan monitor yang tidak begitu bagus.
masih pada baris itu tambahkan nocd. Ada empat pilihan boot di sana, lakukan hal ini pada keempatnya. Anda bisa mengganti nama Slax menjadi nama lain, misal Pikoslax.
e. Masih di bawah folder boot, ubahlah file slax.png sesuka anda. gambar file ini ditampilkan sebelum booting. Ingat, ukurannya harus 640×480 pixel.
f. reboot komputer dan atur BIOS agar booting ke USB Flashdisk terlebih dahulu. Nikmati slax rasa flashdisk.

Sebenarnya mengubah file slax.cfg tidak begitu perlu, hanya untuk kompatibilitas, agar bisa dipastikan slax usb kita bisa dijalankan di semua komputer. Penambahan parameter nocd dimaksudkan agar pencarian file livecd.sgn tidak mengarah ke cd device karena akan memakan waktu lama, meski cd devicenya kosong. Untuk mount cd, buat sebuah folder bernama cdrom di bawah mnt. Kalau sudah, jalankan mount /dev/hda /mnt/cdrom. Apa-apa yang anda ubah di desktop slax (KDE) akan tersimpan di /slax/changes, otomatis diload kalau dibooting lagi. Selamat mencoba!

Iklan

Musibah di Awal Perang : Harddisk Terbakar

Apesnya, untuk ketiga kalinya harddisk komputer saya rusak total (meski ada kemungkinan untuk diperbaiki entah bagaimana caranya). Rusaknya harddisk ini seolah memperingatkan diri saya untuk membatasi menyentuh komputer berhubung sebentar lagi saya akan berangkat perang (baca : ujian nasional). Sebelum kejadian, saya lagi asyik-asyiknya ngoprek linux, berusaha membuat puppylinux yang terinstall di flashdisk bisa dibooting di semua komputer tanpa hambatan. saya menggunakan komputer itu tanpa casing, langsung dirakit berantakan begitu saja, jadi rentan sekali kalau ada percikan air atau seekor cecak jatuh ke mainboard saya. setelah selesai, saya mencoba booting distro-distro lain dan memasang dvdrom. tiba-tiba komputer hanya menyala sebentar, terus mati lagi, itu sekitar setengah detik. hal itu saya ulangi hingga belasan kali, tiba-tiba ada bau gosong, saya jadi panik. saya lepas semua kabel-kabel yang terhubung. saya takut mainboard saya yang rusak jadi saya mengangkatnya lalu menciumi setiap incinya. tidak ada bau gosong, alhamdulillah. pikiran saya tertuju pada powersupply yang masih baru, saya lepas semua bautnya dan membukanya. saya sentuh trafonya yang bahkan tidak panas, kemudian saya cium lengket-lengket. tidak ada bau gosong. saya jadi lemes ketika saya menyentuh harddisk saya. saya berharap yang gosong itu adalah doublefan yang menyatu dengan harddisk. saya membuka bautnya terburu-buru, kemudian mencium doublefan tersebut. nihil.
saya tambah lemes dan mencium harddisk saya, bau yang seperti alat pengebor gigi menyengat hidung saya. ada cairan seperti lelehan di pcb harddisk tersebut. dunia serasa mau runtuh. pernahkah anda membayangkan (atau bahkan pernah mengalami) data-data milik anda yang sekian tahun dikumpulkan dan dirasa penting, tiba-tiba saja melayang tanpa bekas? rasanya mau kiamat. setelah masa berkabung selesai (sekitar 10 menit) saya mendiagnosa apa yang kira-kira membuat harddisk itu terbakar. power supply? saya mengetesnya dengan ragu di mainboard lain, tidak ada masalah. colokan kabel power? meski pin-pinnya sedikit longgar saya yakin semua terhubung dengan benar. doublefan di harddisk? mungkin ini. kabel power dari powersupply tersambung ke doublefan tersebut dan dilanjutkan ke harddisk. ternyata, ada satu kabel yang putus, berwarna merah. tapi saya tidak yakin hanya karena satu kabel tidak tersambung, sebuah harddisk bisa gosong. tetap saja saya menetapkan doublefan warna oranye tersebut sebagai tersangka utama.
saya mencari jasa recovery harddisk. ternyata jasa tersebut di bagi menjadi tiga. tingkat pertama, untuk data-data yang terhapus, tarif sekitar 400.000 rupiah. kedua, untuk partisi yang keformat dan sebagainya, tarif 750.000 rupiah. dan yang ketiga, tingkat kesulitan tertinggi, untuk harddisk yang terbanting terbakar dan sebagainya, tarifnya : silakan kontak. wah, saya tidak berani mengira-ngira, pasti sampai jutaan. lebih baik beli harddisk baru 80 Giga 500.000 ribu, tapi masalahnya data saya yang sudah melayang itu. dataku…oh dataku…
baiklah, saya memang harus menghentikan hobi saya ngoprek-ngoprek komputer. saya sangat menyayangi komputer saya, tapi saya tidak tahu mana yang lebih saya sayangi, mainboard saya atau harddisk atau monitor atau mouse atau operasi sistemnya. satu saja rusak, sepertinya semua kesayangan saya ikut rusak. akhirnya sekarang saya hanya menggunakan flashdisk kingston yang terinstall slax yang bisa dibooting. itulah komputer portabel saya sekarang. kecuali flashdisk, segala tetek bengek komputer saya karantina, untuk menjamin saya tidak ngoprek lagi menjelang perang.

Coba Bayangkan Kekayaan Bill Gates…

Kekayaan Bill Gates dalam hitungan……

– Sejak Microsoft berdiri tahun 1975, dengan asumsi Bill Gates bekerja 14 jam tiap hari kerja maka pendapatannya ialah 300 USD setiap DETIKNYA….. Pendapatannya dalam rupiah ialah : 1 detik = 2,5 juta ; 1 menit = 153 juta ; 1 jam = 9,1 milyar ; 1 hari = 220 milyar ; 1 minggu = 1,54 triliun ; 1 bulan = 6,1 triliun ; 1 tahun = 74 triliun.

– Dengan tingkat suku bunga bank sekitar 5 % / tahun, maka Bill Gates akan mendapat bunga 300 milyar tiap bulannya ( dipotong biaya admin sekitar Rp. 5000 tentunya ^0^ ) ( di buku rekening rasanya harus 2 baris tuh ngeprint saldonya ~_~- )

– Dengan perhitungan diatas, maka Bill Gates hanya butuh waktu kurang dari 1 detik untuk membeli sebuah Xbox atau PS2, atau sekitar 3 detik, maka ia akan mendapat Xbox, PS2, Gamecube lengkap dengan Televisinya… Untuk memboyong sebuah mobil kijang, dia hanya butuh waktu 80 detik. Mungkin dia bisa berbasa-basi ngobrol dengan SPG nya selama 80 detik sambil menunggu penghasilannya mencapai 200 juta rupiah.

– Tiket pesawat Boeing 747-400 sekitar USD 1200 ( sekitar Rp. 10 juta ), Bill Gates mampu membeli 261 PESAWATNYA, bukan TIKETNYA….. Lanjutkan membaca ‘Coba Bayangkan Kekayaan Bill Gates…’

Digital Fortress, A Novel with Unscientific Science

wah…copas lagi deh. saya ingin menulis sesuatu tentang digital fortress, novel dan brown yang lain, tapi nggak jadi setelah baca tulisan dari bosan.or.id ini. kalo kita tahu sedikit tentang komputer dan internet (seperti saya) novel ini bener-bener keren, tapi setelah baca di bawah ini maka novel keren ini jadi kelihatan bodoh sekali. selanjutnya adalah tulisan dari bosan. Lanjutkan membaca ‘Digital Fortress, A Novel with Unscientific Science’

Wah…Mataku jadi Ples

piko_thinking_seriousJadi teknisi : sedang serius otak-atik laptop acer yang lama, punya orang. Masalah : partisi hdd tidak terdeteksi.

piko_thinking_bad
Failed : stress karena gagal memperbaiki (ternyata masalahnya di BIOS, bodohnya).

Setelah 2 tahun lepas kacamata, saya jadi nyesel. Waktu periksa di dokter, eh bukan min-nya turun, tapi malah jadi plus. Sudah plus, dimarahi ortu pula. Bener-bener nyesel. Saya kembali harus pakai kacamata bulat dan terlihat lebih bodoh dari sebelumnya. Jadi nobita deh. Mata kiri saya plus 2 sedangkan mata kanan plus 1,5. Kata si dokter, mata saya jadi plus karena terlalu sering dan dekat memandang layar monitor komputer atau TV tapi jarang melihat objek yang jauh. Memang, pada kenyataannya, saya menatap layar monitor komputer dalam jarak sekitar 15 cm dan lebih dari 5 jam sehari. Setelah kacamata bodoh ini saya pegang, saya baru sadar mata saya memang bermasalah. Kalau saya membaca buku atau layar monitor tanpa mata saya berakomodasi lebih (dipaksakan) atau dengan kata lain memandang dengan biasa-biasa, tulisannya terlihat blur atau kabur dan mata saya jadi cepat lelah. Tapi kalau lensa plus ini diletakkan di depan mata saya, semua terlihat lebih jelas dan jernih. Oh mataku.

Saya berusaha untuk selalu ingat memakainya. Tapi saya sedih harus memakainya ketika di sekolah, nggak PD dan pasti banyak yang ngolok-olok seperti saat saya baru kelas 1 SMA. Lagi kata si dokter, saya bisa meninggalkan kacamata saya dengan memakai lensa tambahan, yang ditempel langsung di bola mata saya. Saya pikir itu mengerikan karena harus lepas pasang beberapa hari sekali. Kan bahaya kalo mata saya kena sodok.

Saya sadar, betapa dua buah mata kita ini merupakan anugerah ALLAH yang luar biasa dan tidak tergantikan oleh teknologi manapun. Saya yakin di masa depan pun, ketika kursi tempat kita duduk sudah bisa terbang melayang 2 inci dan membawa kita kemana saja atau ketika angkasa sudah semrawut oleh lalu lintas mobil terbang, tidak akan ada teknologi untuk mengembalikan sepenuhnya kebahagiaan orang buta. Bayangkan saja bila kita tidak bisa melihat. Jangankan buta, kabur seperti ini saja sudah menyedihkan rasanya. Kita memang harus pandai bersyukur apapun keadaan kita.

Hamas Lancarkan Serangan Balasan

GAZACITY-Tiga hari menjadi bulan-bulanan pesawat tempur Israel tidak membuatĀ  Hamas menyerah. Kelompok yang menguasai jalur Gaza melalui pemilu demokratis itu terus melancarkan serangan balasan. Serangan terakhir Hamas bahkan kian mendekati jantung Israel, ibukota Tel Aviv. Pejabat Hamas menyebutkan, pejuang-pejuang mereka telah melepaskan 20 roket ke wilayah Israel sepanjang senin (29/12). Dua di antaranya mencapai Ashdod, sebuah kota pelabuhan yang hanya berjarak 25 km dari Tel Aviv. Jangkauan terbaru roket Hamas itu bisa membuat ciut Israel karena jauhnya 2 kali lipat dari sasaran terjauh roket Hamas sebelumnya yang jatuh di Ashkelon (28/12) dan menewaskan seorang warganya.

Lanjutkan membaca ‘Hamas Lancarkan Serangan Balasan’

Pagerank Loncat jadi 3! Joget Pisang…

Gambar seostatsnya sudah saya capture. Mungkin saat tulisan ini dibaca, pageranknya dah turun atau mungkin naik (mudahan).

pagerank1Wah seneng banget rasanya…Selama ini saya selalu pesimis soal pagerank, toh mana mau paman google yang hebat ngelirik blog kayak gini? Jadi saya jarang memperhatikan seostats yang saya pasang di samping. Bahkan, kadang saya merasa bodoh memasang widget seperti ini. Setaon pun mungkin nggak akan berubah. Trafficnya bahkan belum nyampe angka seribuan.

Lanjutkan membaca ‘Pagerank Loncat jadi 3! Joget Pisang…’


This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net

RSS latest post @ blog.pdft.net

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 354,157 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji