Hamas Lancarkan Serangan Balasan

GAZACITY-Tiga hari menjadi bulan-bulanan pesawat tempur Israel tidak membuat  Hamas menyerah. Kelompok yang menguasai jalur Gaza melalui pemilu demokratis itu terus melancarkan serangan balasan. Serangan terakhir Hamas bahkan kian mendekati jantung Israel, ibukota Tel Aviv. Pejabat Hamas menyebutkan, pejuang-pejuang mereka telah melepaskan 20 roket ke wilayah Israel sepanjang senin (29/12). Dua di antaranya mencapai Ashdod, sebuah kota pelabuhan yang hanya berjarak 25 km dari Tel Aviv. Jangkauan terbaru roket Hamas itu bisa membuat ciut Israel karena jauhnya 2 kali lipat dari sasaran terjauh roket Hamas sebelumnya yang jatuh di Ashkelon (28/12) dan menewaskan seorang warganya.

Roket yang berjenis Katyushas itu menewaskan seorang prajurit Israel di Ashsos. Dengan demikian, sudah dua warga Israel tewas sejak mereka mengadakan serangan udara di seantero Gaza sejak Sabtu (27/12). Sepanjang 2008, ada enam warga Israel yang tewas oleh serangan roket-roket Hamas.

Kementrin luar negeri Israel meyakini Hamas masih memiliki ribuan roket Qassam buatan Iran dan rudal Katyusash buatan Rusia. Selain itu, intelijen Israel melaporkan, beberapa misil antitank dan antipesawat tempur masih tersimpan di gudang-gudang senjata Hamas.

Selain membalas hujan bom oleh jet tempur Israel dengan lontaran roket, pejuang Hamas mulai melakukan konsolidasi terhadap 5.000 anggota pasukan elite mereka. Dari tempat persembunyiannya, pemimpin Hamas Ismail Haniye memerintahkan serangan balasan kepada Israel. Jika perlu dengan serangan bunuh diri terhadap pasukan dan semua kepentingan Israel serta sekutunya di seluruh dunia.

Seruan Haniye itu senada dengan fatwa yang dikeluarkan pemimpin spritual tertinggi Iran Ayatollah ali Khamenei kemarin (29/12) untuk mempertahankan bumi Palestina di Gaza dengan segala cara. khamenei meminta agar semua umat sislam dari semua golongan melawasn Israel dengan semua kekuatan yang dimiliki. Sampai tadi malam, sudah 1.500 pemuda garis keras Iran mendaftarkan diri untuk bertempur di Gaza.
Juru bicara Kementrian Luar Negeri Iran Hassan Qashwavi menuturkan, pemerintah akan mengirimkan kapal kargo berisi bantuan makanan dan obat-obatan ke Gaza hari ini. “Bantuan itu akan disusul pesawat kargo yang berisi obat-obatan dan akan mendarat di Mesir malamnya, ” jelasnya.
Masih kuatnya perlawanan Hamas tersebut membuat Israel semakin gregetan. Pada serangan gelombang ketiga, giliran kampus terbesar, Universitas Islam Gaza, menjadi sasaran. Hanya karena banyak pemimpin Hamas merupakan alumnus Universitas itu, jet-jet tempur Israel memborbardir habis-habisan gedung lima lantai Universitas Islam.
Laboratorium kampus yang diklaim Israel sebagai sumber dukungan bagi kelompok militan Hamas itu hancur lebur. Wartawan BBC di Gaza melaporkan, serangan tidak membawa korban karena pihak berwenang universitas telah mengosongkan kampus. Sebab, mereka telah memperkirakan Israel akan menyerangnya.

Selain itu, beberapa sentra kekuatan Hamas lainnya menjadi sasaran serangan udara yang berlangsung saat fajar menyingsing tersebut. Rumah Perdana Menteri Ismail Haniye, kantor Menteri Dalam Negeri, dan terowongan yang digunakan warga Palestina untuk mendatangkan bahan pangan serta kebutuhan lainnya dari Mesir, juga diluluhlantakan bom-bom pesawat F-16 Israel.

“Kami mengejutkan Hamas. Kami menyasar semua fasilitas mereka. Serangan ini akan mengubah realitas di lapangan.” kata Menlu Israel Tzipi Livni.

Menteri Kesehatan Hamas Dr. Moaiya Hassanaon menyebutkan, serangan di kamp pengungsi Jebaliya menewaskan seorang ibu bersama satu balita dan tiga anak gadisnya. “Korban tewas sudah mencapai 320 orang. Sembilan rumah sakit yang ada sudah kewalahan dan kekurangan sumber daya untuk menangani korban,” ungkapnya.

Gencarnya serangan dari udara juga diikuti pergerakan barisan kendaraan lapis baja di garis perbatasan dengan Gaza. Jumlah pasukan di wilayah perbatasan ditambah dua kali lipat. Para ahli militer menduga Israel menunggu jumlah anggota pasukan siaga mencapai 10.000 orang sebelum invasi darat dilancarkan.

Pemerintah Indonesia akhirnya secara resmi mengeluarkan sikap terkait dengan aksi militer Israel terhadap Palestina. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam jumpa pers di Kantor Presiden kemarin sore menyatakan, Indonesia mengecam dan mengutuk keras aksi-aksi militer Israel yang dinilai berlebihan serta tidak proporsional.

Selain mengecam, SBY mengirimkan surat kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Presiden Dewan Keamanan PBB yang saat ini dijabat Afrika Selatan. Surat tersebut berisi pernyataan sikap Indonesia yang mengecam keras aksi-aksi militer Israel. “PBB melalui dewan keamanan  harus segera secara formal mengeluarkan resolusi, kemudian betul-betul memaksa Israel menghentikan serangan-serangannya.” tegas SBY.

0 Responses to “Hamas Lancarkan Serangan Balasan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,997 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

%d blogger menyukai ini: