Masalah Instalasi VirtualBox

saya ingin sedikit share pengalaman saya menginstal virtualbox versi binary (dari majalah infolinux) dan versi open source (dari repo ubuntu). mungkin sebagian dari anda yang pernah menginstallnya tidak mengalami masalah. tapi saya mengalami hal-hal yang menjengkelkan dari keduanya.

pada versi binary, setelah anda menginstallnya anda tidak dapat menjalankannya. klik saja ikonnya berkali-kali, tidak ada bedanya. bukalah terminal dan ketikkan VirtualBox. akan muncul penjelasan bahwa ada paket ketergantungan (dependensi) yang belum terinstall yaitu, libstdc+5. bila memakai ubuntu hardy atau intrepid, kita menemukan libstdc yang terbaru sudah terinstall, versi 6. install versi 5-nya. apt-get install libstdc+5. jalankan virtualbox.
pada versi ose (open source edition) yang menjadi masalah adalah module kernel virtualboxtidak ikut terinstall. akan ada peringatan mengenai vboxdrv. carilah di repo dengan kata kunci module kernel virtualbox. di sana banyak pilihan dan perhatikan kernel yang anda gunakan (bisa diliat di menu grub, misal generic atau 386, juga versi kernelnya). install yang sesuai, setelah itu restart komputer dan kita mendapatkan menu grub sudah bertambah, pilih yang default yang paling atas. sejauh ini sebagian masalah sudah selesai.
bagaimana cara kita memindahkan data dari host (operasi sistem beneran) ke guest (virtual) dan sebaliknya? mungkin dengan jaringan virtual bisa karena pihak pengembang mengklaim bahwa guest bisa dipakai untuk browsing internet dengan bridge ke host. tapi itu rasanya sulit sekali, saya belum mencoba. dalam prakteknya, saya menggunakan flashdisk sebagai media perantara. pada awalnya, ketika kita sudah membuat sebuah mesin virtual dan mengklik setting, virtualbox memberikan peringatan tentang USB proxy port. USB milik host tidak bisa digunakan di guest.
berikut caranya. sebagian orang sering meremehkan menu bar paling kanan di sebuah jendela program, yaitu help. buka help virtualbox dan cari di troubleshoting.
tambahkan ini di baris terakhir di /etc/init.d/mountkernfs.sh

domount usbfs usbdevfs /proc/bus/usb -onoexec,nosuid,nodev,devgid=85,devmode=664

buka /etc/fstab dan tambahkan baris berikut di baris kosong terakhir

none /proc/bus/usb usbfs devgid=85,devmode=664 0 0

mungkin usbnya hanya bisa dipakai jika menjalankan VirtualBox sebagai root. saya mencoba menginstall versi binary di slax liveusb. tidak ada masalah termasuk usb. masalah-masalah ini tergantung distribusi yang anda pakai.

1 Response to “Masalah Instalasi VirtualBox”


  1. 1 dasar bangsat 3 Juli 2014 pukul 9:33 AM

    Dasar Artikel Gk Guna GW nyari mlah ketemu ini Bangsat ….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 317,317 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

%d blogger menyukai ini: