antara orlando bloon, eyeOS, dan blog-CLI = gak ada hubungannya. tapi saya kan artis?

baru nongton kingdom of heaven nih… film lama sih, tapi bagus banget. orlando bloon, eh bloom mang keren. tumben ada pilem baret yang nyinggung islam, tapi nggak jelek-jelekin islam. tapi kayaknya ada bug di pilem ini (kesalahan), aneh rasanya seorang utusan dari kelompok salaludin bilang asalamualaikum kepada pihak kristen, dan si raja pengganti (dari templar) jawab waalaikum salam. tapi di luar itu, ceriteranya seru. terutama perangnya (jadi inget gem strategi).

ngomong2, soal perang salib, sampe sekarang belum selese ya? semua ingin Yerussalam, kalo tempatnya disharing (bagi pakai) juga kagak ada yang mau ngalah. untuk sekarang, si terkutuk israel yang lagi nempatin. soal templar, saya tertarik sejarahnya. tahu banyak setelah baca da vinci code (buku apaan nih? a must read!) dan angelsanddemons (ada si langdon juga loh…). dan katanya templar sudah berubah jadi freemason sekarang, lagi giat-giatnya buat tatanan dunia baru (new world order). duh, banyak macem, cukup bisa idup, ibadah cukup, makan dapet, baca ebook bajakan, bisa ngenet, dan tidur pulas. memang sih, hidup dan dunia ini tidak sesederhana itu. ada yang lebih penting (atau dibuat jadi penting-pentingan?). ah, bagaimana sih dikau, dunia?

kemarin-kemarin sempet donglot eyeOS, yang katanya sistem operasi berbasis web. jadi, desktopnya jalan di halaman browser/peramban dong?

gak percaya? kalo benwit anda sedang kenceng2nya (gak kayak saya, fakir benwit mulu), main-mainlah ke sini. buat user sendiri, cus login. nikmati sistem operasi berbasis web. isinya lengkap, ada pengolah teks, spreadset (kayak excel), presentasi, multimedia, dll. jadi, pertanyaannya adalah : apa ini? apakah hanya aplikasi java basis web yang dibuat mirip2 jadi seperti sistem operasi, ataukah sistem operasi yang diporting ke web? (sok tau kali… :P). pendapat saya jatuh pada pilihan pertama, tapi masalahnya saya menemukan proses manager dengan informasi PID, dan bisa di kill! ini kan khas varian unix? cus, saya temukan ada folder-folder system yang mirip2 di sistem unix, dan ada kata2 kernel, duh… eyeOS gak perlu booting, langsung lod seperti ngelod halaman. disini juga kagak ada gnome atau kde, gak ada gtk atau qt. tapi folder2 intinya ada tertulis x, xgui, dan semacamnya. berarti ada x11 dong? kayaknya nggak. ah, sebodo amat. mau applet java kek, mau os portingan kek, kesimpulannya eyeOS luar biasa. salut buat proyek eyeOS.

dan barusan, dapet tema wordpress yang lagi ngetren di underground (boong). namanya wordpress-cli, donglotnya di sini. tapi, blog saya kan numpang di wordpress, jadi kagak bisa upload tema sendiri… T_T *pasrah*
akhirnya teringat akun hostingan gretong di esc-webhost, tak install wp di sana pakek fantastico, dan langsung pasang tema. nah, blog baru itu ada di sini.

memangnya kenapa dengan tema wordpress-cli? buka saja blognya dan pikirkan huruf-huruf c-l-i. CLI = command line interface. pendek kata, tampilan blognya adalah sebuah command line atau shell. keren kan? umm, kerennya sih bagi yang pernah/sering pake cli. ini bukan sebuah sistem operasi seperti eyeOS, hanya interface saja. dari tampilannya, ini sih shellnya varian Unix, bukan cmd-nya windos, karena susunan user@host plus tanda $ untuk user biasa dan # untuk admin/root. tapi perintah-perintah windows yang sama bisa digunakan di sini. (ah, forget windos). bingung? nih panduannya.

ketik help untuk panduan resmi.
waktu baru buka anda ada di folder paling atas sebagai guest (tamu). mau ngapain? kalo mau baca tulisan terakhir, ketik ‘last’. kalo mau scroll, teken shift barengan sama up atau down. mau ngeliat tulisan sebelumnya, ketik ‘prev’ atau ‘p’. ketik ‘next’ atau ‘n’ untuk sebaliknya. mau lihat halaman yang tersedia, ketik ls. terus mau ngeliat isi kategori, masuk saja ke sana ‘cd categories’, kemudian ‘ls’ lagi, atau dir juga bisa (ah, jangan inget2 windos lagi). daftar dari ls juga berfungsi sebagai link, klik saja. kalau mau baca dengan cara cli, ketik ‘read 3’, angka tiga bisa diganti dengan lain, tergantung nomor indeks tulisan yang tertera di samping. dan jangan macem-macem coba2 buat direktori atau hapus file, coba saja mkdir, rmdir, rm, dll, sampe semaput kagak akan bisa. di sini bisanya cuma pindah2 direktori, baca-baca, dan sejenisnya. terbatas memang, tapi tema ini bener-bener keren. terkesan blognya heker. tapi tetep saja akan membuat pagerank menjadi nol, dan hampir tidak ada yang mau nengok blog macam begini. why? wong nggak ngerti kok….

artis atau artis? saya artis lho…

saya masih inget waktu masih kelas dua dulu, chatting pakek pidgin sama orang dengan nick bangweasley. awalnya di sebuah room, tapi dia ngajak ngomong bedua. hei, bang… dimana gerangan kau sekarang? saya masih simpen lognya. # berarti komentar saya yang menyelip pada percakapan bloon ini.

b : hi
p (saya) : hi
b : asl plz
p : 16 male indonesia, u?
b : indonesia… spesifk?
# kirain bule…
p : ntb. asl pls.
b : suka harpot juga?
# tuh kan, dia gak mau kasi tau identitas
p : yui
b : btw, dah baca ke 7 lom? q blom nih… kasi tau bocoran dong…😀
# harpot 7 dah lama kelar. masak dia kagak tau spoilernya?
b : DING DONG
# maksudnya pencet alarm. duh, kayaknya kagak ada guna ngobrol beginian.
b : harpot mati ngak????
# saya lagi sibuk brosing, jadi sedikit terabaikan dia…
p : idup dong, buat ap rowling nulis 7 bku tapi akhrx tokoh utmanya matek?
b : eh, denger-denger roy  celoteh lagi…😡
# saya mulai tertarik.
p : apa?
b : kamu kul/ker?
# toeng… topik berganti… mas, saya masih skul, mas, bukan kul atawa ker. karena jengkel, saya boong…
p : kerja
b : kerja ap?
p : artist. desain grafislah. design web juga. itu freelance.
p : kalo tetapnya saya sysadmin, kelola bag it di kantor.
# huahahahahahah… pemboong amatir…
b :  hah? artis?? beneran nih? ini sapa????
# nah, disinilah yang saya maksud… dan kalo memang disangka demikian, mengapa cepat pula si bang percaya?
p : bukan, maksud sy seniman lepas…
# boong lagi…. kukukukukuku….
p : kalu u kul atw kerj?
b : apa hub seniman ma artis? artis siapa nih? bohong kali… :O
# saya putus di sini saja, karena percakapan selanjutnya gak penting-penting amat dan bikin boring.

kita telaah apa itu artis(basa indo) atau artist(basa linggis). kata dasarnya adalah art = seni. ist = *apa ya?*, ya is is gitu. misal kalo novelis, berarti orang yang menulis novel atau berkutat di bidang novel. kalo artis? berarti seniman kan? artis = seniman. kalo kagak setuju, pigi sana! (becanda).
nah orang indonesia memang aneh bahasanya. di bangku sekolah kita disumpekin sama EYD, tapi kalo ngomong biasa-biasa, kita agak ngaco, bahkan nyampur bahasa daerah juga (hihihihi…malu sendiri liat tulisan ni berabe). kata artis ternyata sudah mengalami pergeseran makna. sekarang kebanyakan orang pikir, artis = bintang pilem, pemeran sinetron, seleb, dll yang sebangsanya. memang tidak salah, pemain pilem kan juga seniman? terserah bagaimana definisinya. tapi masalahnya maknanya hanya fokus ke situ saja… yang tadi itu salah satu contohnya. padahal, kalo pemain pilem atau bintang pilem itu kan namanya ‘AKTOR’ untuk laki2 dan ‘AKTRIS’ untuk wanita. mungkin kata aktris sering kelepos jadi artis. ya sudah lah, gak penting. tapi kalo anda, ketika mendengar kata artis, apakah pikiran anda melayang ke bintang pilem? kalo ya, anda harus jungkir balik ke bangku sekolah,…😛

ini satu contoh lagi, saya bersama teman saya (sebut saja A) berkunjung ke museum prov ntb buat liat pameran lukisan. nah, kita dapet buku gratis yang isinya preview lukisan yang dipamerkan, berikut profil pelukisnya. ketika membacanya, A malah mencak2.
A : heh, kamu pernah liat orang ini di tipi?
saya : hah? gak kayaknya…
A : tapi kok…
saya : apa?
A : di sini dia bilang …..masih eksis sebagai artis di beberapa sanggar…..
# selanjutnya dia nyalahin si pelukis sebagai orang yang sok-sok-an nganggep diri sebagai ‘artis’. saya sih, ngangguk2 ^_^.

Toeng! tuh kan… abaikan sajalah.

5 Responses to “antara orlando bloon, eyeOS, dan blog-CLI = gak ada hubungannya. tapi saya kan artis?”


  1. 1 Ando-kun 9 Juni 2009 pukul 5:22 AM

    utusan dari kelompok salaludin bilang asalamualaikum kepada pihak kristen, dan si raja pengganti (dari templar) jawab waalaikum salam

    Bagiku nggak aneh tuh, toh mereka semua tinggal di Jerusalem yg bahasa umumnya pakai bahasa arab. Lagian nggak perduli Islam, Kristen hingga Yahudi disana jaman itu terbiasa salam-salaman pake assalamualaikum dgn jawabannya alaikumsalam. Bukannya kalau tingal di China, semua orang (gak peduli bangsa China ataupun non-China) tetap aja bersalam-salam dgn bahasa China. Begitu jg kalau tinggal di Jepang dgn bahasa Jepang, Indonesia dgn bahasa Indonesia, dsb. Kecuali tentu bagi orang2 bersalam-salaman tsb berasal dari daerah yg memiliki bahasa ibu yg lain.

    Yang justru aneh menurutku, koq seluruh tokoh berdialog dgn bahasa Inggris? Kalau mau ikut aslinya Balian, Guy of Lusignan dan Raynald Chatillon seharusnya ngomong Perancis karena mereka bangsawan Perancis.:mrgreen:
    Namanya jg film Hollywood, tentu aja pake bhs Inggris.😆 jadinya yg begituan gak usah dibahas keanehannya lah.

  2. 2 piko 9 Juni 2009 pukul 5:26 AM

    saya kira : asslm > salam sejahtera untukmu.
    beberapa ulama bilang kita gak boleh ngasi salam begini ke orang selain islam. ah, saya gak mau berdebat… +_+

    soal basa linggis, uh oh…. seperti kata anda :

    Namanya jg film Hollywood, tentu aja pake bhs Inggris.😆 jadinya yg begituan gak usah dibahas keanehannya lah.

    salam kenal!😀

  3. 3 Ando-kun 9 Juni 2009 pukul 9:07 AM

    iya bener, yang beginian kalau dibikin debat bakalan jd debat kusir. cuma, yg pengen kukritik disini ada beberapa budaya Arab termasuk bahasa disalah kaprahkan menjadi produk agama Islam.

    Perang salib secara historis telah selesai, hanya saja bagi pihak2 tertentu yg punya kepentingan masih kepengen ngelanjutin sampai ronde ke sekian, seperti pernyataan para malaikat kepada Tuhan, “Manusia akan menumpahkan darah dimuka bumi”. emang udah kodrat manusia kali buat bunuh2an? Kalau ditanya siapa yg mulai, semua pihak bakalan nggak mau ngaku salah. lagi2 jdnya debat kusir.

    salam kenal balik:mrgreen:

  4. 4 mwillypermana 13 Juni 2009 pukul 9:02 AM

    Mas, konfigurasi startx-nya dan warna terminalnya tema CLI gimana ya?

  5. 5 piko 14 Juni 2009 pukul 12:14 PM

    ada di bagian CLI option di tab appearance. di sana ada tempat naruh url startxnya, juga kustom warnanya…
    btw, sy masi remaja, malu dipanggil mas mas… T_T

    salam kenal mas willy…😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,687 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

%d blogger menyukai ini: