Rubiks Blindfolded Solving dengan metode M2 (Edge)

dipersembahkan untuk cuber indonesia, khususnya keluarga rubikku.

dear all,

setelah lama berkutat dengan old pochmann (yang sangat mudah dipahami namun membuat pegal jari-jari), akhirnya saya mulai belajar M2, yang membingungkan namun eksekusinya jauh lebih cepat.  sampai saat ini, dengan old pochmann saya masih sub 6 dan  PB saya 4.32.03. akurasi masih sangat rendah, 70 persen DNF. meskipun masih goblok, saya tetap memaksakan diri pahami M2 (belajar dari situsnya pak stefan dan sedikit tambahan dari video tutorial mas wicak, terima kasih untuk keduanya).

sebagai catatan, saya menggunakan oranye di depan dan kuning di atas, dan untuk corner, saya masih menggunakan old pochmann corner.

dan satu lagi, saya lebih mendahulukan mengeksekusi edge, kemudian corner. jadi tutorial ini lebih diaplikasikan untuk itu. jika anda punya urutan eksekusi berbeda, anda bisa lihat pilihan berbeda di video mas wicak.

KONSEP

perbedaan mendasar dengan old pochmann, adalah M2 tidak menggunakan algo permutasi. sesuai namanya, gerakan utamanya adalah M2. jika anda masih bingung dengan apa itu gerakan M, silakan lihat notasi dasar.

ilustrasi

letak buffer-nya bukan di UR (Up-Right), tetapi di DF (Down-Front) menembak ke UB (Up-Back). dengan setup move, kita akan membawa sasaran ke UB.

SETUP MOVE

efek samping dari penggunaan M adalah kita tidak boleh menggunakan gerakan yang mengubah piece-piece di M saat setup move maupun undo setup move selesai dilakukan. silakan lihat daftar.

FR
DR
BR
UR
U R U’ M2 U R’ U’
U R2 U’ M2 U R2 U’
U R’ U’ M2 U R U’
R’ U R U’ M2 U R’ U’ R
FL
DL
BL
UL
U’ L’ U M2 U’ L U
U’ L2 U M2 U’ L2 U
U’ L U M2 U’ L’ U
L U’ L’ U M2 U’ L U L’
RU
RF
RD
RB
x’ U’ R U M2 U’ R’ U x
x’ U’ R2 U M2 U’ R2 U x
x’ U’ R’ U M2 U’ R U x
l U’ R’ U M2 U’ R U l’
LU
LF
LD
LB
x’ U L’ U’ M2 U L U’ x
x’ U L2′ U’ M2 U L2 U’ x
x’ U L U’ M2 U L’ U’ x
r’ U L U’ M2 U L’ U’ r

sebenarnya tidak perlu menghafal semua di daftar ini, undo setup bisa dengan intuitif.

secara umum, penggunaan setupmove-M2-undosetupmove hanya digunakan untuk piece selain di M. untuk piece yang terletak di M, ada algo tambahan lagi (ini salah satu alasan saya menunda-nunda belajar M2 dari dulu, memahami algo memang menjemukan, tapi kalo udah diluar kepala, wow…. ndak nyesel dah).

SASARAN PADA M LAYER

Untuk M layer, ada algo tersendiri. ayo semangat makan algo ini, gampang kok. =))

FD dan DF = buffer

UF = U2 M’ U2 M’

FU = FE  RUR’ E’ RU’R’ F’ M2

UB = M2

BU = F’ D R’ F D’ M2 D F’ R D’ F

BD = M2 D R’U R’U’ M’ URU’ M R D’

DB = M U2 M U2

SASARAN M PADA LANGKAH GENAP

ini lebih membingungkan lagi (saya butuh waktu agak lama untuk memahaminya). jika kita melakukan shoot pertama (ganjil), maka saat akan melakukan (akan, berarti belum dilakukan) shoot kedua (genap), kita akan mendapati centernya terbalik atas bawah. nah, karena terbalik, maka saat melakukan shoot piece yang ada di M, kita harus memikirkan letak kebalikannya dan mengeksekusi algo kebalikannya.

PENGECUALIAN UNTUK UB DAN BU.

kalau belum ngerti, silakan lihat gambar (dari mas wicak). jika, langkahnya genap, algonya harus kita ganti dengan algo yang dipasangkan garis beranak panah tersebut.

algo langkah genap

algo langkah genap

saya kira, di bagian inilah yang sering membuat saya DNF dengan M2. tapi saya yakin, jika sering-sering latihan, DNF bisa diminimalisir.

PARITY

seperti old pochmann, tergantung total cycle. ganjil parity, genap no parity. urutannya adalah, eksekusi edge-eksekusi algo parity (jika parity)-eksekusi corner.

GANJIL >>> maka kita akan mengambil kesimpulan bahwa akan ada parity, yaitu center putih ada di atas dan kuning ada dibawah, dan sedikit kekacauan lain.

algo parity-nya adalah U’ F2 U M2 U’ F2 U

sudah rapi, tapi hei! UL dan UB tertukar!

karena saya menggunakan old pochmann, anda pasti tahu maksudnya. jika kita melakukan permutasi corner dalam jumlah ganjil, maka UL dan UB akan tertukar. posisi yang sekarang dibuat demikian untuk mengatasi keadaan itu. jadi nanti akan tertukar kembali, karena jika cycle edge berjumlah ganjil, pastilah corner ganjil.

GENAP >>> syukurlah… =))

nah, selamat bermigrasi ke M2. =))

14 Responses to “Rubiks Blindfolded Solving dengan metode M2 (Edge)”


  1. 1 aji 4 April 2010 pukul 9:56 PM

    itu algo nembak ke FU ga
    salah ya? kayaknya F E R U R’ E’
    R U’ R’ F’ M2

  2. 2 piko 4 April 2010 pukul 10:17 PM

    oya, maap. sudah diperbaiki. terima kasih banyak😀

  3. 3 noego08 23 April 2010 pukul 1:08 AM

    pengen beralih metode ke M2 nhe tpi lom ada tutor… heeee…
    visit my blog yh…

  4. 4 RhieVz 30 April 2010 pukul 5:38 AM

    NAH INI DIA!!!
    Penjelasan dr mas wicak mengenai shooting pd M Layer saat langkah genap sdkit mmbuat saya mengurungkan niat pindah k M2.
    Dr penjelasan di atas,spertinya tdk trlalu sulit🙂
    Thx tutornya kawan😀

  5. 5 ino 25 Agustus 2010 pukul 5:24 AM

    mmh.. udah agak gerti nih..

    kak piko.. kok cornernya ga make R2 knp?
    bukanya nanti speed’nya jg akan naik.. klo jeleknya akurasi dan sering DNF itukan cuma faktor rajin latihan aj..😀

    atau ada keuntungan lain saat corner pake old pochman…

  6. 6 piko 25 Agustus 2010 pukul 3:22 PM

    itu cuma sebuah pilihan. saya terserah saya. kamu terserah kamu.🙂

  7. 7 ino 25 Agustus 2010 pukul 3:37 PM

    owh.. he2😀 gitu yah…

    kak maen2 ke blog’ku donk..😀

  8. 8 piko 25 Agustus 2010 pukul 8:09 PM

    blognya diupdate dong.🙂

  9. 9 ino 26 Agustus 2010 pukul 2:39 PM

    ha2.. baru bikin kok kak…😀

  10. 10 joelkifli 14 Maret 2011 pukul 9:36 PM

    oi kak aku g tau tuh apa itu FU RU bingung

    ajarin donk gan

  11. 11 newrule86 19 November 2011 pukul 6:27 AM

    Betul,….
    M2 Edge memang cukup efektif dalam hal kecepatan eksekusi,…
    Saya kebetulan sudah migrasi ke M2 edge,…
    Untuk corner masih bimbang mau pake metode apa…
    jadi M2-Pochman dulu deh,…

    Ayo hidupkan semangat BLD Indonesia !!!!

  12. 12 Kinanjarcuber 21 Maret 2012 pukul 3:39 AM

    gak ada penjelasan R2 Corner kah

  13. 13 bboy shad 12 Mei 2012 pukul 8:24 PM

    nice post. kunjung balik ya SHAD ACTIVITY

  14. 14 Erick Thevirkills 6 Juni 2012 pukul 12:19 AM

    Bisa ga mlakukan BLD tnpa memorisasi??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 317,317 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

%d blogger menyukai ini: