membuat mikroskop dengan teropong binokular

perhatian : yang saya lakukan adalah coba-coba, bisa jadi hasilnya berbeda jika anda yang lakukan.

halo.

kemarin, setelah keputusasaan saya dalam membuat teleskop refraktor buatan (berhasil, namun perbesarannya sangat mengecewakan, tidak jauh beda dengan teropong binokular saya, jadi saya bongkar lagi deh), saya mulai bermain-main lagi. kali ini tidak lagi coret-coret di kertas untuk hitung fokus, etc.

saya hanya bermain-main dengan lensa dan mendapatkan gambar sejelas ini > (btw, jangan di-zoom lagi) http://www.gigapan.org/gigapans/28204/

saya minta maaf sama semut yang saya bunuh. makasi bro, sudah korbanin nyawa untuk percobaan bego ini. >.<

syaratnya, anda butuh teropong binokular dan tangan yang usil. bongkar teropong binokular itu, entah mungkin caranya diputar2, dengan obeng (bila ada baut), atau snap-snap. anda akan dapatkan 4 lensa (2 okular, 2 cembung depan) dan beberapa prisma. tinggalkan prismanya dalam bodi.

ini susunan lensanya :

lensa okular
|—> jarak sekitar 15 cm, tapi relatif juga sih. anda harus coba-coba sendiri
lensa depan
lensa depan
lensa okular
objek —-> misalnya semut.
lapisan kaca
cahaya —> tau maksudnya kan? saya pakai senter. tumpukan ini dibantu dengan buku-buku dan penggaris.

coba sendiri jarak2nya sampai dapatkan gambar yang bagus dan fokus. lalu catat jarak antar lensa agar bisa digunakan kalo lain waktu mau dicoba lagi.

selamat mencoba!

maaf pic-nya segera menyusul (mimpi beli DSLR)

1 Response to “membuat mikroskop dengan teropong binokular”


  1. 1 mul 19 September 2012 pukul 9:11 PM

    kira2 fokus lensanya berapa ya?


Tinggalkan Balasan

This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 317,557 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

