24 wajah billy

saya pernah mampir ke sebuah toko buku dan melihat buku berjudul 24 wajah billy di etalase, sebuah novel yang diangkat dari kisah nyata oleh daniel keyes. harganya lumayan. tapi saya mengurungkan niat untuk membeli dan mencari ebook-nya di internet. yang saya temukan agak berbeda, berjudul pertarungan jiwa billy, pengarang yang sama. dilihat dari judul aslinya, dua buku ini jelas berbeda, mind of milligan dan the milligan wars

silakan unduh ebook-nya kalo mau lihat-lihat

saat baru sampai di bab ‘kerasnya anggur penjara’, saya memutuskan untuk membeli bukunya, toh berhubung saya belum punya novel psikolog. saya menemukan dua buku itu ada di toko buku. pertarungan jiwa billy lebih murah setengah harga dari 24 wajah billy dan saya rasa isinya sama banyak. saya pilih yang pertama karena lebih murah.

pendapat saya? mungkin bakalan pusing baca kisahnya karena semua seperti dokumentasi dan sebentar-sebentar nama tokoh (jiwa pemeran billy) berubah-ubah, tapi sumpah, ini keren. dan ternyata pertarungan jiwa billy ini cuma sekuel dari 24 wajah billy. saya langsung kecewa dan beli buku ‘yang bener’.

ini dia, saya scan mentah-mentah. terbitan qanita-mizan

swiss army sudah usang, uh😦

guru bahasa saya bilang kemampuan saya menulis sinopsis cukup buruk. jadi tulisan di bawah ini kopas.

24 Wajah Billy adalah buku yang berisi kisah nyata William Stanley Milligan yang memiliki kepribadian majemuk. Buku ini dibuka dengan terungkapnya kasus perkosaan 3 orang wanita di Ohio State University. Berdasarkan kesaksian dari para korban akhirnya kepolisian setempat berhasil menangkap pelakunya yang bernama Billy Milligan. Dalam proses penyiapan persidangan dari para pengacaranya akhirnya terungkap bahwa Billy memiliki kepribadian majemuk dan beberapa dari kepribadian tersebut melakukan tindak kriminal tanpa diketahui oleh pribadi-pribadi lainnya. Dengan alasan inilah para pengacaranya berusaha membebaskan Billy dari segala tuduhan dengan dalih ketidakwarasan akibat kepribadian majemuk.

Dalam buku ini dikisahkan bagaimana pribadi Billy yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang buruk menjadi rapuh dan terpecah-pecah akibat menyaksikan ayah kandungnya bunuh diri dan mengalami pelecehan seksual dari ayah tirinya. Satu persatu pribadi terbentuk dan muncul sesuai keadaan yang dialami Billy:

– Billy, pribadi inti yang rapuh,
– Arthur sang pemimpin, pria Inggris yang selalu rasional,
– Ragen yang akan muncul jika Billy dalam keadaan bahaya,
– Allen yang manipulatif dan pandai bicara,
– Tommy, ahli melepaskan diri dari ikatan apapun,
– David, anak laki-laki berusia 8 th penanggung rasa nyeri,
– April, wanita dengan satu ambisi yang membunuh ayah tiri Billy,
– Adalana, wanita lesbian yang pemalu dan haus cinta,
– Philip si penjahat brutal,

Total kepribadian yang dimiliki Billy diketahui sebanyak 24 kepribadian! Kepribadian ini secara bergantian memasuki kehidupan Billy, awalnya kesemuanya diatur oleh pribadi Arthur yang menentukan siapa-siapa saja yang akan muncul, namun ada kalanya terjadi masa kacau-balau di mana pribadi-pribadi tersebut muncul di luar kendali Arthur dan mengacaukan kehidupan Billy.

Ketika Billy menjalani perawatan di Athens Mental Health Center lambat laun kepribadian Billy terfusi melebur menjadi satu pribadi utuh yang dinamai Sang Guru, yang memiliki nyaris segenap ingatan yang utuh tentang Billy.

Keyes menuliskannya dengan teliti dan tekun dengan menghabiskan dua tahun bersama Billy Miligan, dan telah mewawancarai keluarga, dan beberapa dokter dan petugas medis yang pernah merawat Billy.

pikiran pertama saya, pendapat saya, dan kesimpulan-kesimpulan saya hampir sama seperti anggapan awal tokoh perawat yang mendampingi billy, bahwa billy cuma bersandiwara. tapi ya ampun, kalo dibaca terus saya jadi takluk juga. =.=

saya maksain diri mandang dari sudut orang indonesia asli, pasti bilangnya, “eh, kesurupan, kesurupan!”. lalu saya membanding-bandingkan dengan novel lain. saya berani bilang dan brown kalah (genrenya memang beda sih), tapi tidak untuk da vinci code, yang lain sux. saya bisa belajar beberapa hal soal fusi di sini. keren.

apakah saya menyarankan anda untuk memasukkannya ke dalam daftar-wajib-baca anda?

iya.

5 Responses to “24 wajah billy”


  1. 1 dharma 2 April 2011 pukul 4:10 PM

    buku ini masih ada ngga?? saya mau beli

  2. 2 Dilla 26 Agustus 2011 pukul 10:31 PM

    saya punya novelnya mau saya jual. mau beli? kirim ke e-mail aja dilla.ari.a@gmail.com makasih

  3. 3 pakar seo 15 Agustus 2015 pukul 11:43 AM

    I am regular visitor, how are you everybody? This post posted at
    this web site is really good.

  4. 4 pakar seo 16 Juni 2016 pukul 2:04 PM

    Hey there, I think your blog might be having browser compatibility issues.
    When I look at your blog in Chrome, it looks fine but when opening in Internet Explorer,
    it has some overlapping. I just wanted to give you a quick
    heads up! Other then that, excellent blog!


  1. 1 jasa seo profesional Lacak balik pada 9 Oktober 2014 pukul 9:50 AM

Tinggalkan Balasan

This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 317,317 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

