next atm project : dobsonian!

sebelumnya, proyek yang ini saya nyatakan selesai dan gagal. dalam artian, target tidak terpenuhi, perbesarannya memang bertambah, tapi saya sama sekali tidak bisa lihat kawah bulan dengan jelas. sebenarnya, saya harus menyalahkan lensa-lensa yang jelek ini.

sekarang saatnya coba bentuk newtonian. dinamakan demikian karena sir newton yang temukan cara ini. tapi kok saya tulis dobsonian di atas? istilah itu merujuk ke desian inovatif dari teleskop newtonian yang easy made, low cost, and portable by john dobson. silakan baca wikipedia untuk keterangan lebih lanjut.

semangat saya sempat padam. tidak dibutuhkan lensa untuk teleskop ini, tetapi cermin cekung berdiameter dan jarak fokus tertentu. dimana saya bisa dapatkan cermin langka seperti ini (setidaknya di indonesia)?

ada dua pilihan :

  • beli-pesen cermin cekung jadi di luar negeri. kayaknya mahal.
  • beli kaca blank tebel, di-grinding dan dipoles sendiri jadi cermin cekung. kayaknya sangat ribet, butuh bahan-bahan kimia aneh dan ketepatan lengkung harus sangat pas.

saya pilih yang kedua (mimpi besok pagi pergi ke toko kaca cuma nanyak2).

pokoknya saya ndak mau beli teleskop, saya mau buat teleskop sialan ini! saya ingin lihat kawah bulan. saya ingin lihat venus. saya ingin lihat jupiter. saya ingin lihat saturnus dan cincin sialannya. saya ingin lihat ekor komet. saya ingin lihat nebula dan blablabla. saya ingin lihat alien dan ufo-nya (kalo ada), saya ingin lihat semuanya dengan bola mata saya sendiri. haaaah! hidup begitu menyenangkan.

coretan

3 Responses to “next atm project : dobsonian!”


  1. 1 frxs 6 Agustus 2010 pukul 1:28 AM

    saya mendukungmu selalu, teman…!

  2. 2 amir dayyan aldebaran 18 Agustus 2010 pukul 3:30 PM

    dapat cerminnya,tapi gk tau gmn cara nentuin fokus and eye piecenya….
    beli cerminnya di galery yang ada jual cermin tuk bersolek….tapi cerminnya ada dua….datar and cekung…..y cekung

  3. 3 piko 18 Agustus 2010 pukul 3:36 PM

    wah, bisa kirimkan gamabarya? saya ingin sekali lihat. kalo cocok boleh saya request?


Tinggalkan Balasan

This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 317,557 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

