fotografi : teknik panning

yak, berhubung sudah berhasil buat foto panning, ini dia.

teknik panning adalah teknik membuat foto yang seolah-olah bergerak dengan memblurkan background dalam satu arah. jadi, misalnya ada foto kendaraan lewat. kendaraan itu fokus, sedang backgroundnya blur dalam garis horizontal. foto jadinya, kesannya seperti sedang bergerak cepat. ini salah satu contoh panning.

bike to work, 1/5, F16, ISO 400, kota tua ampenan

mirip olah digital ya? tapi ini benar-benar foto yang diambil langsung.

caranya?

sederhana. siapin kamera dan diamlah dipinggir jalan. atur aperture, ISO, dan shutterspeednya. shutterspeednya jangan terlalu cepat, 1/5 sampai 1/20 sudah cukup. begitu objek lewat di depan kita, tekan shutter, ikuti objek dengan menggerakkan kamera ke samping, atau memutar tubuh 5-10 derajat ke arah laju objek. memang sih rada susah dan musti dicoba-coba.

jika beruntung, hasilnya ciamik. masih banyak lagi cara-cara panning yang lain, kembangkan kreatifitas.🙂

basa-basi tentang kendaraan, mulai sekarang saya pakai helm kalau naik sepeda. soalnya kemarin sempat jatuh dari sepeda dan kepala membentur tembok. sakit tenan! yah, secara saya memang goblok dan ceroboh, sering miskonsentrasi. T.T

yang penting, bike to work! no more polution, save ur environment!😀

4 Responses to “fotografi : teknik panning”


  1. 2 Riska 15 November 2010 pukul 3:58 PM

    makasih yah penulisan cara panningnya
    dari kmrn2 nyoba gak bisa2, malah jadinya ngefreez semua (background sama objeknya)
    nanti tak coba deh

    makasih :))

  2. 3 widya wigati 10 Oktober 2011 pukul 4:16 PM

    makasih info panningnya…..mau nyoba motret Downhill minggu depan,semoga bisa…..semangat!!!!

  3. 4 R3z4 7 November 2011 pukul 1:03 PM

    kalo shutter speed nya 10″ itu kalo d.jadi PER sama dengan 1 /… berappa detik ???????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,687 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

%d blogger menyukai ini: