peran kaipang dalam migasi FOSS prov NTB

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwasanya Kementerian Riset dan Teknologi bersama-sama dengan seluruh stakeholder IT dan dalam kesempatan pelaksanaan kegiatan model migrasi OSS di 15 titik Provinsi/kota/kabupaten (di jadwalkan Bulan Agustus 2010 sampai dengan November 2010) RISTEK bekerjasama dengan Makara UI yang didukung oleh PT. Ardelindo Aples, POSS UI, NF dan Komunitas OSS Lokal.

entah tulisan ini tujukan kepada siapa, saya cuma mau curhat sejenak.

sejak agustus dulu, koar-koar tentang migrasi perangkat lunak terbuka di lingkungan pemerintah provinsi NTB sempat membuat saya bersemangat. akhirnya, migrasi itu dilaksanakan tanggal 4-9 oktober 2010 yang mana isinya adalah tidak sesuai dengan apa yang saya perkirakan.

saya mengira demikian : ada tim migrasi dan kaipang diikutkan di dalamnya, termasuk di dalamnya bekerja di lapangan, berhadapan langsung dengan komputer milik pemerintah, bukan saja memigrasikan orang-orangnya (pelatihan PNS).

ternyata oh ternyata, peran kami di sini tidak seindah itu. kaipang hanya mendampingi pelatihan. terus terang saya kecewa.

ternyata, sudah ada tim migrasi tersendiri dan progressnya sudah berjalan 30-40 persen di kantor-kantor dinas dan itu sudah berjalan berbulan-bulan yang lalu (bahkan kaipang pun tidak diberitahu! serasa kami anak tiri di rumah sendiri). PDE NTB, mereka cerita betapa sulitnya proses migrasi itu. sebagian besar komputer yang dimigrasikan diinstall dualboot dengan windows, kalimat sebenarnya, “sangat sedikit yang diinstall linux thok, single boot.”.

wah, kapan migrasinya kalo masih dualboot dengan windows? saya berani bilang, kalau migrasi masih dualboot, NTB go open source sama saja boong, buang-buang uang rakyat.

seseorang dari PDE memberikan alasan yang masih sulit saya terima : cuma sedikit yang single boot, karena orang-orang butuh beradaptasi dulu. NTB go open source kan masih lama, 2013.

bantahannya kurang nonjok, bukankah PNS hanya perlu belajar sedikit lagi tentang sistem operasi ini dan makara UI beserta kaipang sudah memberikan pelatihan yang membosankan dan kami lelah selama 5 hari? dan bukankah dulu mereka bilang, nantinya hanya komputer tertentu (semisal program lokal khusus yang hanya berjalan di windows) yang dipasangkan dualboot? lain kata lain tindak. saya berani bertaruh, kalau dualboot, PNS akan lebih memilih booting ke windows ketimbang linux. migrasi jalan di tempat.

2013, pandai pula mengulur waktu. saya kira, kalau memang mau migrasi, ya memang harus sedikit memaksa. kalo ndak ya habis perkara, kita orang indonesia.

peran kaipang terbatas cuma di sini saja, sebagai pendamping di pelatihan PNS-nya, padahal kan kita juga punya semangat open source yang sama, bahkan semangat kami lebih besar!

1 Response to “peran kaipang dalam migasi FOSS prov NTB”


  1. 1 panjul 10 November 2010 pukul 3:48 PM

    curcol… loe….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,997 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

%d blogger menyukai ini: