wikileaks : pahlawan atau teror?

halo halo, siapa yang ndak tau wikileaks?

sepertinya pemberitaan wikileaks di indonesia kuang mendetail. kalau tipi, ndak tau soalnya ndak pernah nonton tipi sih (ngelirik rongsokan tipi tuner di pojokan kamar). kemarin saya lagi semangat2nya ngomongin wikileaks tapi si kakak geleng2, “apa tu?”

ini deskripsi wikipedia

WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006.

Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks. Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.

silakan akses di sini, site utama dalam bentuk IP : http://213.251.145.96/

nah, belakangan wikileaks ribut dibicarakan karena pembocoran dokumen rahasia dari diplomasi/kedutaan AS. saya telusur-telusur sih, laporan2 bocoran itu detil sekali (jumlahnya sangat banyak dan memusingkan meski sudah diurut sesuai kategori, dan dalam bahasa inggris). jadi saya rasa mustahil wikileaks mengarang semua itu. dikatakan pula ada dokumen yang berasal dari kedutaan AS di jakarta, tentang ufo dan alien. wah!

konten wikileaks lain yang menghebohkan adalah video collateral murder. bahkan 2 anak kecil terbunuh dalam insiden itu dan tentara AS mencoba menyembunyikannya. coba cek semua di sini http://213.251.145.96/

karena ulahnya ini, wikileaks diburu semua pihak dan direkturnya, julian assange, jadi buronan. everyDNS yang dulunya tempat hosting wikileaks diserang dengan dos yang mengakibatkan pengaruh ke banyak situs lain yang dihosting di sana. amazon juga begitu, bahkan paypal juga menutup akun wikileaks untuk donasi karena tekanan pihak pemerintah AS.

wikileaks.org beberapa hari yang lalu tidak bisa diakses sampai sekarang. mirrornya? banyak sekali! lebih dari 200 mirror tersedia di belantar internet! padahal 3 hari yang lalu saya cuma nemu sedikit mirror, dan sedikit sekali yang benar2 hidup. cek cekidot : http://213.251.145.96/mirrors.html

tapi banyak juga sih yang menganggap aksi wikileaks adalah teror, membuat situasi dunia tidak stabil. yang mendukung wikileaks? banyak banget, terutama masyarakat, termasuk saya. dibilang pahlawan malah. pendapat anda?

kenapa wikileaks? kenapa dia ada? baca jawaban langsung dari julian assange di sini (guardian.uk) : http://www.guardian.co.uk/world/blog/2010/dec/03/julian-assange-wikileaks

btw, habis nonton video dari wikileaks, saya langsung teringat persenjataan di game call of duty. saya lupa seri yang mana, yang jelas saat ada misi nembak wilayah dari pesawat. mirip banget sumpah! mirip aseli! *saya berniat nginstall call of duty lagi. >.<

NB : tantangan ngeblog 31 hari ini benar-benar menyiksa.😦

0 Responses to “wikileaks : pahlawan atau teror?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,690 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

%d blogger menyukai ini: