memindahkan database mysql dengan kopas

kondisi : sebuah komputer spesifikasi tinggi milik pemerintah dengan sistem operasi windows 2000 server, di dalamnya terinstall wamp server (windows-apache-mysql-php) dan diatasnya berjalan aplikasi cms milik pemerintah, yaitu pendataan warga keluarga berencana seluruh indonesia, namanya BKKBN. komputer ini bisa diakses via jaringan untuk memasukkan data dari komputer lain. nah, pendek kata, komputer ini rusak, blue screen dan ada pesan error not exist or corrupt blablabla. keren!

nah, bagaimana cara memindahkan cms+databasenya di komputer lain dan jalan lancar? bisakah langsung copy paste? saya pikir tidak bisa ngasal begitu, tetapi ternyata bisa. perlu diingat, paket aplikasi yang digunakan di sini adalah wamp, bukan xamp (pakai xamp juga bisa). wamp tidak menyediakan phpmyadmin (meski ada folder bernama phpmyadmin di dalamnya) sehingga bagi saya yang masih awam soal mysql, kesulitan mengexport databasenya. jadi, yang kepikiran di otak saya adalah langsung kopas di komputer lain yang ada apache-mysql-php.

karena pada akhirnya windows 2000 servernya tidak bisa dibooting, saya menggunakan slax via usb dan mengakses harddisknya.

pertama, saya mencari letaknya folder wamp, aplikasi cms-nya pastilah ada di sana berikut databasenya. terletak di C:\wamp\ dan saya salin ke media lain, misal flashdisk. di komputer lain, saya menyalin wamp di tempat yang sama, yaitu C:\wamp\.

kemudian saya cari file yang bisa dieksekusi untuk menginstall service apache dan mysql. filenya bernama install_service_auto.bat. setelah dijalankan dan selesai, akan ada dua service baru di windows, bisa dilihat dengan klik kanan my computer > manage. cari service. cari apache dan mysql, jalankan kedua service tersebut.

sekarang tinggal cek di browser, http://localhost. bisa!😀
cek apakah cms dan databasenya jalan, di sini, cmsnya bernama mdk, http://localhost/mdk/. bisa juga!😀

nah, karena ini aplikasi berbasis web yang cross-platform, saya merencanakan untuk memasang linux sebagai server httpnya, disamping kehandalannya juga tidak mudah kena virus dan rusak. sayangnya, saat saya menawarkan ke orangnya, dia menolak dengan alasan takut tidak bisa mengontrol. tapi dia meminta instal dualboot. syukurlah. *ngupil

btw, saya dapat kopian database, lebih dari seratus ribu data kepala keluarga, lengkap anak pinaknya juga. ehem2 >:) *apasih, gak guna

5 Responses to “memindahkan database mysql dengan kopas”


  1. 1 Yella Ojrak 20 Desember 2010 pukul 1:59 AM

    bray, cukup sampai di sini perseteruan kita. saya nggak bisa masuk ke post-new.php blog saya dari kemaren sampe lewat tengah malam begini sehingga dengan amat terpaksa saya mengaku kalah.😦

  2. 2 piko 20 Desember 2010 pukul 2:00 AM

    *joget pisang sambing makan cokelat:mrgreen:

  3. 3 Yella Ojrak 21 Desember 2010 pukul 12:37 AM

    hrrrggh!!

  4. 4 Kadir 29 Agustus 2011 pukul 10:47 AM

    ohui….sama deh saya juga lagi mau pindahkan data dari cms dan malah baru mau install MDK-nya

  5. 5 Zein's Jerryn 1 Oktober 2014 pukul 11:05 AM

    Mas…kalau ada masalah ketika sudah mengetik data KKI dan aplikasi Wamp-nya gk bisa ngeSave dan Loading yang ada di samping Url-nya jga gk bisa jalan,itu solusinnya apa ya Mas? mohon pencerahan. Trims


Tinggalkan Balasan

This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,690 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

