harddisk laptop ternyata memang kuat

ini beneran, saya ndak boong.

saya beli adapter usb2ide portabel untuk hdd usang dari kakak saya, sebuah hdd laptop, PATA/IDE seagate 40GB 5400rpm. awalnya harddisk itu masih bisa digunakan, saya cek apakah ada badsector, dan syukurlah masih baik-baik saja. saya mengisinya dengan beberapa file yang saya kira penting untuk dibawa-bawa.

besoknya saya colokin lagi ke komputer dan harddisk itu tidak terdeteksi, cuma bunyi ‘ngung… ngung…’. saya jengkel sekali karena sudah buang uang untuk beli apadternya. karena jengkel yang tak bisa ditahan saya membenturkan hdd itu ke tembok lalu dicoba lagi, siapa tahu bisa. (jangan ditiru). tetap saja tidak bisa dan saya terus membenturkannya berkali2 dan kadang2 menepukkan ke tangan. akhirnya saya membantingnya ke lantai, keras. saya tinggal, tidak saya pungut.

malamnya, saya bersungut-sungut dan kakak saya nyeletuk, “itu mungkin kabelnya”

saya langsung kaget. aduh, iya ya siapa tau kabel usbnya yang bermasalah. ternyata memang benar kabel itu tertukar, kabel lama memang rusak sementara kabel baru masih ada di tas saya. saya nepuk jidat dan nyari2 harddisk tadi terus nyobain lagi pakai kabel yang baru.

langsung terdeteksi dan termount dan dibuka otomatis oleh nautilus. wuih! gak rusak!

tapi tunggu dulu, setelah diperlakukan semena-mena seperti itu, pastilah ada cacat, minimal badsector. saya langsung lakukan low level format. kalau macet berarti badsector. saya pakai ini. lama memang, tapi lancar! gak rusak!

saya langsung masukin hdd-nya ke casing dan dibaut sambil ngelus-ngelus sayang.:mrgreen:

oh, tentu saja saya tidak akan membantingnya lagi.

NB : ini berbeda dengan harddisk biasa. mungkin di harddisk kecil laptop/harddisk portabel sudah ada antigetar atau apalahnamanya meski saya tidak membaca ada keterangan demikian. hal yang sama tidaklah terjadi di harddisk desktop saya yang dulu. CPUnya roboh ke samping dan harddisk itu jadi superlamban dengan badsector di tiga tempat berbeda.

5 Responses to “harddisk laptop ternyata memang kuat”


  1. 1 Mirna 14 Januari 2011 pukul 7:27 AM

    Waduh, gawat benerr!! Untung itu harddisk gak bisa ngomong, ya. Kalo bisa pasti udah protes panjang-pendek, “Baru bisa aja, lu elus2. Waktu gak bisa, gue elu banting”.😆

  2. 2 rinnaite 16 Januari 2011 pukul 12:17 AM

    parah Pikooo..
    untung HDDny nggak papa..

    eh itu akhirnya dijadiin internal ya?
    lagi menimbang-nimbang untuk ng-casing internal untuk dijadiin eksternal~

  3. 3 piko 16 Januari 2011 pukul 1:49 AM

    iyo, dijadiin hdd portabel. keren sih dibawa2. tapi kalau sudah ditanyain “BERAPA GIGA?”

    maka saya akan berusaha mengalihkan pembicaraan.

  4. 4 rinnaite 16 Januari 2011 pukul 10:27 AM

    *baru baca ulang nggak spitriding*

    woahahahaha 40 GB woahahahahahahah

    lumayan ding, bisa muat 10 judul anime😀 *pat pat*

  5. 5 amrinz 26 Januari 2011 pukul 1:55 PM

    wah parah pelupanya …..🙂

    40Gb ya? wah ada temennya ni. jadul juga …


Tinggalkan Balasan

This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,997 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

