good bye ubuntu, nice to meet you!

kemarin-kemarin malam syukur-syukur dapat ngenet sampai pagi, kesempatan itu saya gunakan untuk mengunduh si natty alpha sekalian paket zimbra yang lumayan besar itu, dan betapa kecewanya saya setelah mencobanya. mungkin memang iya, hal-hal baru yang dibawa ubuntu akan memudahkan pengguna baru, tetapi sungguh membuat frustasi pengguna lama. sungguh!

awal dari kekecewaan.
adalah rilis LTS lucid, yang mulai membuat saya kurang sreg sama ubuntu. penggantian semua skema warna serta logo dan pemindahan tombol jendela ke sebelah kiri. mengenai logo itu, benar-benar kecewa berat, karena setahun sebelumnya saya sudah kadung membordir jaket kesayangan saya dengan logo cokelat-jingga-oranye khas ubuntu plus tulisannya yang serba rounded itu. sekarang warna-warna menggoda itu dihilangkan dan jadilah jaket saya ketinggalan jaman. saya dengar linux for human being bukan lagi kata-kata untuk ubuntu.

background ungu dan tombol jendela di kiri? tentu saja, itu kan mekintos dan saya sudah mulai menduga-duga.

satu lagi, jika kita menggunakan tema ambiance, area kosong di bawah title bar bisa digunakan untuk men-drag jendela. ciri tersebut juga dimiliki macosx.

maverick meerkat
ketakutan saya ternyata semakin terwujud, tampilan pra instalasi maverick menampilkan panel kosong di atasnya. itu adalah tampilan khas pra instalasi macintosh juga. tapi saya masih suka jadi saya sempat mengganti lucid dengan maverick dan masih semangat mengadakan maverick rilis party kaipang beberapa bulan yang lalu. namun karena mengunduh kembali berkeping-keping dvd repo maverick adalah hal yang sangat berat, saya balik lagi ke lucid dengan repo-reponya, toh ini rilis long term support.

ini mek! bukan ubuntu!
saya mengunduhnya karena penasaran seperti apa sesungguhnya unity yang dibawa natty. lihat apa yang saya dapatkan saat mencobanya. gak suka.

kalau memang ubuntu berbasis komunitas, seharusnya suara komunitas didengar. saya baca banyak pengguna setia yang akhirnya meninggalkan ubuntu karena masalah tombol jendela di sebelah kiri. sampai di natty ini, saya setuju dengan mereka. maka dengan kekecewaan ini saya menyatakan berhenti menggunakan ubuntu rilis selanjutnya. saya akan tetap pakai lucid sampai ada kemantapan hati untuk pindah ke distribusi lain.

2 Responses to “good bye ubuntu, nice to meet you!”


  1. 1 olanuxer 9 Maret 2011 pukul 7:36 PM

    lho pakai blankon saja enak tho???

  2. 2 Ibnu Yahya 16 April 2011 pukul 10:16 PM

    alhamdulillah sujud syukur saya, semoga setia ma fedora =)) fedora rela ingin lepas dari bayang2 redhat demi komunitas, SUARA hATI SuAra KOMUNITAS (maap kalau agak alay)


Tinggalkan Balasan

This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 317,557 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

