NTFS

mengapa NTFS? sebagai pengguna linux yang konsisten (halah belakangan juga poligami sama mac), saya pernah merasa bahwa memasang semua hal yang berbau windows sebagai bagian fundamental dari komputer saya adalah tabu. saya tidak menggunakan fat maupun ntfs sebagai filesystem data.

tapi sekarang pemikiran saya berubah karena beberapa alasan :

  1. universal. linux memang universal untuk mengakses semua jenis filesystem, tapi ntfs lebih universal untuk diakses semua OS. ada ntfs-3g untuk linux maupun mac. sebagai pengguna triple os windows linux mac dalam satu komputer, saya pikir ntfs adalah pilihan yang tepat. dibanding menggunakan ext atau hfs. fat mungkin lebih universal ketimbang ntfs tapi ntfs punya penutup kekurangan fat yang saya kira terlalu sayang untuk diabaikan.
  2. recovery ability. entah terformat atau terhapus, jauh lebih mudah merecovery data-data yang hilang di ntfs ketimbang filesystem lain. saya pernah kehilangan data karena tidak sengaja mengganti tabel MBR ke GPT saat memasang mac, tapi semua data saya bisa diangkat kembali. ah

seperti idealis yang harus realis.

ngomong2 soal filesystem, lebih baik memformat hfs+ journaling (case-nonsensitive) sebagai filesystem mac os x. karena beberapa aplikasi (seperti/kebanyakan adobe) sering bermasalah di filesystem case-sensitive.

2 Responses to “NTFS”


  1. 1 amrinz 27 Agustus 2011 pukul 1:43 PM

    karena mayoritas makanya jadi universal …

  2. 2 gadgetboi 15 September 2011 pukul 7:16 PM

    yang jadi masalah adalah belum ada EXT reader di windows yang sebaik ntfs-3g-nya unix. makanya untuk data saya lebih memilih NTFS …


Tinggalkan Balasan

This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,997 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

