axioo pico PJM 1110

yak, ini dia komputer jinjing kedua yang saya miliki, beli seken murah dan dadakan, tapi alhamdulillah ini benar-benar benda yang keren. dikatakan komputer jinjing kedua karena dulu saya pernah punya sebuah komputer jinjing warna putih dan ada gambar buah apel yang sudah digigit sebagian. tapi sudah hilang.😥

mari sejenak mengheningkan cipta.

anu, banyak orang bilang axioo itu jelek. kabar yang saya dengar adalah, axioo cepat panas, spesifikasi rendahan, boardnya mudah kebakar (mengerikan sekali yang ini), kualitas ringkih, dan itu produk lokal asia. memang benar saya pernah menemukan notebook axioo yang panas sekali, laporan board rusak, kualitas ringkih juga iya karena saya sudah pegang sendiri, spesifikasi rendahan juga memang iya laptop axioo seri dulu kebanyakan vganya VIA atau SIS, dan ini memang produk lokal asia yang beredar di singapura dan indonesia.

tapi sejak saya baca-baca bahwa sebagian besar produsen notebook memproduksi komponen mereka di pabrik yang sama (kebanyakan taiwan) dan dengar kabar bahwa ada produk MSI wind yang juga axioo pico (mirip identik, yang beda cuma merek dan fasilitas bluetooth), saya mulai percaya bahwa sebenarnya semua notebook itu sama baik, cuma tergantung bagaimana menggunakannya, oo anu, kecuali apple mungkin. karena bagi saya semua hardware dari apple bisa bikin mata saya berkedip 5 kali perdetik. maksud saya, percuma kan ada mekbuk tapi hilang karena ceroboh.😛

lagi pula saya tidak melihat axioo pico PJM 1110 ini sebagai barang dengan kualitas rendah. chargernya ada stabilizer, bodinya solid. saya suka yang bentuknya minimalis dan ndak macem-macem, terutama papan ketiknya yang mengingatkan saya pada si mekbuk.

baterai hanya 3-cell, syukurnya kualitasnya masih oke sehat tapi saya berniat upgrade ke 6-cell nanti. archlinux jalan cepat di sini, bahkan dengan KDE plasma. wifinya realtek dan stabil menggunakan adapter wifi tambahan, jadi saya bisa wardriving bersama si TPLINK WN322G yang notabene berchipset atheros.

di komputer jinjing mungil ini saya memasang archlinux, mac (snow leopard hazard iatkos s3v2 10.6.3), dan windows xp. alasan saya memasang windows adalah agar bisa nyambung dengan beberapa pekerjaan kantor, ini benar-benar tidak bisa dihindari.  untuk sementara macosx86 hazard 10.6.2 tidak bisa dipasang, tidak bisa dibooting dari installer. saya masih nunggu selesainya unduhan snowleopard yang retail. padahal saya sudah ancang2 pasang stiker buah apel untuk menutupi tulisan axioo di balik lid layar.😦. Mac OS X jalan lancar pakai iATKOS S3V2 10.6.3. awalnya touchpad, keyboard tidak bekerja, tetapi setelah menggunakan file boot chameleon dari netbook installer (ekstrak source-nya), semua dikenali dengan baik. btw, jangan menginstall langsung netbook installer, bakal KP. 3 hal yang tidak bekerja, akselerasi grafis, WIFI, dan ethernet, kextnya tidak/belum ada. alasan saya pasang mac? entah. saya bela-belain begadang dari bulan puasa kemarin buat pasang mac, tetapi setelah terpasang jarang saya gunakan. kalau dipikir2, saya hanya senang dan puas sistem operasi ini nangkring dan bisa jalan di komputer saya, meski ndak pernah make. keren banget liat nya kalo baru nyalain ada logo apel nyelip di antar logo tux dan jendela. yah, sewaktu-waktu bisa menyembuhkan kerinduan akan macbook (mrgreen).

saya sedang membiasakan pakai layout papan ketik dvorak, sayangnya papan ketik si pico ini rada susah dilepas pasang dan beresiko patah. konsep snap-click yang sebenarnya sama dengan kebanyakan keyboard notebook lain, hanya saja ini berukuran kecil sekali, gampang patah. jadi tetap qwerty.

btw soal dvorak, didesain untuk bahasa inggris. kalau saya mengetik bahasa indonesia, saya berpendapat dvorak mungkin tidak begitu berpengaruh. yang mereka katakan tentang ribuan kata dalam satu baris tombol, mungkin hanya ratusan kata dalam bahasa indonesia.

soal bodi, axioo pico ini benar-benar teka-teki yang menjengkelkan. tutup di bawah, kita bisa buka-buka ram dan mini-pci-express yang ditempati oleh chipset wireless. harddisk ada di dalamnya lagi. saya orangnya ndak terlalu peduli sama garansi (masih 6 bulan) jadi stiker garansi tak kleteki sampai bersih, langsung bongkar habis-habisan. hampir saya mematahkannya kalau tidak tahu ternyata ada kunci snap di pojok kiri yang ternyata harus digeser ke samping. tidak seperti nettop axioo pico keluaran awal yang memasang pendingin menyeluruh di bawah keyboard, yang ini tidak, metode konvensional, pakai kipas, pendingin dan ventilasi di satu tempat.

27 Responses to “axioo pico PJM 1110”


  1. 1 Willy Permana 24 September 2011 pukul 12:58 AM

    MSI Wind memang banyak versinya, salah satunya Pico ini http://en.m.wikipedia.org/wiki/MSI_Wind_Netbook

    Dan betul, semua notebook itu sama saja kalau sudah dianiaya kiri-kanan😀 Adik saya, punya seri Toshiba apa gitu yang mentereng betul kalau diletakkan bersisian dengan Pico saya. Toh setelah 1 tahun, kapasitas batere keduanya sama-sama tinggal kurang dari 1 jam saat terisi penuh (artinya, si Pico malah relatif lebih awet😀 )

  2. 2 tajuddin 17 Oktober 2011 pukul 10:49 PM

    bang, temennya mas fajar(fxrs) ya ?
    tolong dong bang, saya minta panduan supaya pico saya ini bisa pake MAC OS kaya punya situ,
    tolong pandu saya, hahaha

  3. 3 piko 17 Oktober 2011 pukul 11:14 PM

    wah, saya ndak nganjurin. mac tidak bekerja sepenuhnya di axioo pico, perangkat jaringan dan akselerasi grafis tidak jalan, yang berarti tidak bisa digunakan untuk berselancar internet atau nonton film/video.

    kalau kalau mau bersikeras, unduh ISO-nya di torrent dan coba sendiri. sisanya, silakan googling. sekali lagi saya ndak nganjurin, soale ilegal.🙂

  4. 4 tajuddin 18 Oktober 2011 pukul 11:02 PM

    wah,.
    saya udah punya OS snow leopard, nginstalnya gimana, soalnya kan specifikasinya minimal prosesor harus AMD , ??
    gimana dong,
    trus kegunaan arch linux itu apasih ?

  5. 5 piko 20 Oktober 2011 pukul 10:21 AM

    itu dapat distribusi dari mana? snow leopard dari leo hazard ada custom kernel untuk intel atom. minimal prosesor PIV bisa kok.

    arch linux itu sistem operasi, salah satu dari sekian banyak distribusi GNU/Linux. seperti halnya windows dan macintosh, tetapi berbeda.

  6. 6 muhammadtajuddinzain 22 Oktober 2011 pukul 12:35 PM

    wah distribusi gimana mas ?
    saya dapet dari teman saya yang download,
    caranya dong mas ?… tolong … hehe

    oh saya lihat di webnya , keren ya, ini pake sistem perintah ya ?
    minta link downloadnya dong mas, yang spesifikasinya sesuai dengan axioo pico,😀

  7. 7 candra13bdg 8 Desember 2011 pukul 8:19 PM

    keren” mas, nerbook axioo pico pjm saya jadi netbook paling sibuk di kelas ( maklum smk ) kerjaanya menganalisis kerjaan yang berat tapi ni netbook kuat nge-handle semuanya.. gak rugi juga dah puass walau gampang panas juga..🙂 ( buka sotosop, word 4 tab, chrome, aimp3 + angry bird lancar… walau aga ngelag di sotoshop..)
    kalau pake android bisa ga mas?

  8. 8 anide 20 Januari 2012 pukul 2:26 PM

    gan mau tanya itu ada camera webcamnya tidak sih…

  9. 10 Anto 13 Maret 2012 pukul 10:26 PM

    Gan,mau tanya…bluetoothxa ada gak…terus klau ada ,gmana cara nginstall/ngeaktifinxa?

  10. 11 piko 14 Maret 2012 pukul 7:15 PM

    memang tidak ada bluetoothnya. tapi bisa ditambahkan dengan mengganti minipci-e card dengan yang built-in blueetooth, biasanya dari broadcom. atau beli saja usb dongle yang mini.

  11. 12 Anto 14 Maret 2012 pukul 8:10 PM

    saya msh blum ngerti,gan…itu smacam hardware tambahan ya? Trus ada gak di jual di toko2 komputer,,hehehe prtnyaannya jdi bnyk deh,mklum saya masih newbie dan baru beli axioo pico krna hrgaxa yg rlatif murah…sblumxa saya ucapkan terima kasih atas bantuannya.

  12. 13 iwan 27 Agustus 2012 pukul 10:21 AM

    selamat pagi,
    saya mau tau solusi terbaik untuk keybord netbook axioo pico yang error,beberapa tombolnya tdk befungsi sebagaimana mestinya.
    mohon info secepatnya,terimakasih.

    saam kenal,
    iwan

  13. 14 Nur Cahyo Nur Cahyo 15 September 2012 pukul 1:39 PM

    mas, mau nanya .. kalo axioo pico 1110 ini bisa di upgrade ramnya gak ?? klo bisa maxnya brapa n apa aja yg hrus d upgrade lgi biar stabill … thanks

  14. 15 ria agus setiawan 8 Oktober 2012 pukul 11:03 PM

    mas pico ku ga suport vga nya ,, sama iakatos s2

  15. 16 anggaPicoo 14 Desember 2012 pukul 1:20 AM

    Boss kita juga pake axioo pjm cara upgrade supaya bisa ngebut kayak laptop gmana yya ??

  16. 17 ikiw 17 Desember 2012 pukul 4:53 PM

    Kipas Axioo Punyaku klo dah simpan alias d tinggal kerja (7 jam) dan sudah dingin, ketika d nyalakan sih putaran kipas normal,,, kemudian saya buka aplikasi yg berat, tiba2 putaran kipas itu nggak normal, seperti ada gesekan2 gtu (LCD ja sampe getar2),,,, harus d tiup2 dulu dari lubang ventilasi baru putaran kipasnya normal lagi,, saya ragu untuk bongkar,, kira2 knapa ya mas,,, mohon pencerahannya agar saya mempunyai gambaran untuk otak atik si mungil ini,,,,

  17. 18 dude 11 Juli 2013 pukul 10:05 AM

    mas camnya dimana ?

  18. 19 thyur 31 Juli 2013 pukul 9:17 AM

    cam (fn + f10) kl blm bisa tu artinya driver blmkepasang….

  19. 20 figo 7 September 2013 pukul 10:24 AM

    gan, q hnya mau blang klo artikel in mantab (y)

  20. 21 constantine 26 Oktober 2013 pukul 7:10 PM

    axioo pico m1110 pjm emang mantap +bandel banget. q pake uda 3thn + itupun dengan pemakaian yng tak wajar….gmana g wajarnya ya q pake si pico nonstop kadang2 24jam lbih bahkan prnah 5hr 5malem g off sedetikpun dalam pemakaian,kadang jg kasian juga,wkwkwk karna buat ngegame..,,,wow ternyata tak ada kndala apapun tp hingga saat ini gw msh pake tuh pico…karna saking sayangnya .pokoknya salut deh pake pico mantab abisss g slah pilihh dah……
    hadeeeh knapa gw mlh curhat hahahaha skedar ksh info aje….

  21. 22 The $ema$a 25 September 2014 pukul 11:55 PM

    nice blog

  22. 23 Geengs 1 April 2015 pukul 7:21 PM

    klw untuk tombol recovery OS nya tekan apa ya ???

  23. 24 rovine maya angelou poems woman work 18 Juni 2016 pukul 9:22 AM

    Thanks to my father who told me regarding
    this website, this website is in fact amazing.

  24. 25 vhe 25 November 2016 pukul 11:11 PM

    pico m110 bisa up ram gak kk?

  25. 26 Reno Fiansyah AK 30 November 2016 pukul 11:23 AM

    Assalamulalaikum
    saya mau nnya admin, saya juga memilki nt book axioo jenis ini kbetulan saya program windows seven,
    selama ini ada kendala yang belum saya temukan solusi nya yaitu susah nya connecting ke WLAN, bisa pun kadang-kadang hilang sinyal nya padahal masih pada lokasi wifi, driver nya juga kadang muncul kadang ngk, sudah saya install ulang tapi cuma bertahan satu hari besok nya sama kembali ke penyakit semula, saya coba install driver WLAN nya pun masih tetap sperti itu….
    mohon solusi nya
    terima kasih ..


  1. 1 Leaking pipes Fallout 3 Lacak balik pada 3 Mei 2016 pukul 11:02 PM

Tinggalkan Balasan

This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,687 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

