sinkron waktu di mikrotik dengan NTP

awalnya dari blokir fb dan socmed lain di kantor, tapi setiap mati lampu, jamnya ter-reset dan jadwal blokir fb jadi kacau. rekan kantor pada senyum kembang-kembang buka facebook. gobloknya saya ndak googling dulu, langsung bongkar mikrotiknya buat liat2 siapa tahu ada baterai jamnya (semacam baterai bios di PC), ternyata tidak. UPS juga tidak bisa bertahan lebih lama dari yang diharapkan.

solusinya, pengaturan waktu di mikrotik bisa diatur agar sinkron dengan server NTP. dalam hal ini, saya menggunakan server NTP dari LIPI : ntp.kim.lipi.go.id

berikut definisi NTP dari situs LIPI :

Secara umum, Network Time Protocol (NTP) adalah protocol untuk meng-sinkron-kan sistem waktu (clock) pada komputer terhadap sumber yang akurat, melalui jaringan intranet atau internet. Terdapat beberapa situs NTP “Stratum 1” (situs NTP dengan sumber waktu dari atomic clock) and “Stratum 2” (situs NTP dengan sumber waktu dari situs NTP lain, dengan sedikit penurunan tingkat akurasi) yang dapat digunakan oleh publik.

Dalam aplikasinya, sebaiknya jaringan mempunyai satu (atau lebih) NTP server lokal (Stratum 2 atau 3) untuk semua work-station, yang di-sinkron-kan terhadap NTP server di luar jaringan. Konfigurasi ini lebih menjamin korelasi antar sistem-sistem yang terkait dalam jaringan yang bersangkutan.

di mikrotik, pergi ke system > NTP client. akan muncul jendela pengaturan NTP client. pilih mode unicast dan isikan primary NTP server dengan ntp.kim.lipi.go.id yang nantinya akan berubah secara otomatis menjadi alamat IP. klik OK.

waktu dan jam di mikrotik akan mengikuti waktu yang diberikan oleh NTP server tersebut, jangan lupa pilih timzone yang benar. sekarang, meski mikrotik mati hidup karena listrik, waktu tetap akan sinkron otomatis begitu koneksi internet tersambung.

1 Response to “sinkron waktu di mikrotik dengan NTP”



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




This blog has been discontinued. All the contents, and new posts can be found at blog.pdft.net
Indonesia Linux Conference 2011

stats

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

hits

  • 316,687 hits


This blog is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported License.
pejuang mimpi tak ingkar janji

%d blogger menyukai ini: